CeritaK 3 Januari 2019 - Xiaomi Redmi 5A Mentok Logo? Begini cara mengatasinya!!!

Hai gaes selamat datang di blog CeritaK. Blognya saya Deka Firhansyah. Dalam postingan kali ini saya akan berbagi cerita yang terjadi pada Kamis, 3 Januari 2019. Xiaomi Redmi 5A Mentok Logo
Ceritanya saya sedang asik bersih-bersih file sampah di smartphone andalan Xiaomi Redmi 5A. Bersamaan dengan itu saya juga melakukan perubahan pada setingan di hape saya itu. Ini saya lakukan karena saya mendapat tiba-tiba saja tidak bisa melakukan uninstall langsung dengan melakukan drag up icon aplikasi ke atas.

Setelah melakukan perubahan pada kunci aplikasi. Tiba-tiba smartphone saya hang dan tidak bisa diapa-apain. Ya sudah saya pencet tombol power untuk melakukan reset. Disini lah letak paling tidak saya suka dari smartphone yang punya baterai tanam. Kalau pada smartphone yang punya baterai mudah dilepas maka tinggal cabut baterai. Beres. 

Entah kenapa bukannya memilih untuk memastikan smartphone, saya malah memencet pilihan muat ulang. Saya sendiri tidak terlalu paham artinya muat ulang. Saya pikir itu artinya sama dengan reset. Dan di sanalah awal mala petaka. Jadi saran saya jika smartphone Xiaomi Redmi 5A anda tiba-tiba hang dan bisa dipencet power maka pilihlah matikan, kemudian hidupkan lagi. LANJUT. Proses booting nya lama sekali dan tidak ada tanda-tanda akan masuk ke layar utama.  Boot loop. Begitulah sepertinya yang saya alami.

Setelah dicoba berkali-kali, saya pencet paksa tombol power dan Alhamdulillah masuk layar utama. Saya pikir beres dan ternyata tiba-tiba kembali masuk ke tampilan seperti saat booting. Hanya ada logo mi ditengah dan logo tulisan android di bagian bawah yang kedianya berwarna putih bercahaya menghiasi warna hitam yang menutupi layar secara keseluruhan. Ini mungkin yang disebut orang² dengan "mentok logo". Sial mengapa ini terjadi pada saya 😅. Ini terus terjadi berkali-kali.

Tanpa kehilangan akal saya teruskan dengan teruskan dengan cara pencet tombol power + volume up di sana ada pilihan wiper chache yang saya tahu artinya saya akan pasti kepulangan seluruh data-data di  Smartphone Xiaomi Resmi 5A ini. Saya pilih reboot. Ternyata masih juga kembali seperti sebelumnya tetap boot loop atau mentok logo.

Sambil melayani pembeli yang datang dan pergi. Ya, saya lagi berjualan di pasar. Saya coba lagi. Kali ini saya coba pencet tombol power + volume down secara bersamaan. Dengan demikian maka munculah logo / animasi seperti boneka khas Xiaomi bertuliskan fastboot. Setelah lama sekali menunggu dan tak ada tanda-tanda proses itu akan selesai dan beres maka, saya lanjutkan pada langkah terakhir yang saya tahu.

Untung smartphone bisa kembali dalam keadaan mati dan saat booting saya kembali pencet tombol power + volume up kali ini saya pasrah dan pilih wiper chache dan setelah selesai maka saya pencet reboot. Alhamdulillah kali ini masalah selesai dan smartphone saya kembali seperti baru, hanya ada aplikasi bawaan khas Xiaomi garansi distributor. 

Hilanglah semua data-data termasuk logo blog CeritaK ini dan juga foto-foto Yudisium yang saya simpan di smartphone Xiaomi Redmi 5A ini. Hp saya jadi kosong seperti baru. Untung saja data-data dan foto-foto penting tersebut telah saya backup di penyimpanan online.

Ya dengan begini Artinya saya kembali harus mendownload satu persatu aplikasi yang akan saya gunakan. Yang agak aneh banget ternyata kapasitas memori malah berkurang. Dari biasanya total memori terbaca 10,51 GB menjadi hanya 10, 42GB. Entah kenapa ini bisa terjadi.

Pesan yang dapat saya sampaikan dari pengalaman ini. Berhati-hatilah jika tidak terlalu paham Android hanya karena tidak mengerti smartphone bagus macam Xiaomi Redmi 5A ini bisa jadi hanya dihargai Rp 300ribu (harga pasaran mentok logo) atau malah tidak ada harganya 😅. 

Semoga pengalaman saat smartphone Xiaomi Redmi 5A Mentok Logo yang saya alami ini dapat membantu Anda jika mengalami masalah yang serupa.

Salam hangat


Deka Firhansyah, S.IP

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Support!!!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua

Dukung Blog CeritaK ini agar selalu update dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel-artikel yang kalian baca.

Anda juga bisa memberikan donasi melalui pulsa ke 08982368506. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk mengembangkan konten blog CeritaK.

Kunjungi juga Blog Deka yang lainnya berikut ini:
JelajahSumatera.com
StoryAboutGadget.com

Buat interaksi dan mengenal Deka secara lebih personal silakan follow juga akun sosmed Deka di:
Facebook:
Https://facebook.com/deka.firhansyah
Fanpage:
CeritaK
Instagram:
@dekafirhansyah94
Channel YouTube:
CeritaK - Deka "K"Firhansyah
Email:
firhansyahdeka@gmail.com

Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.