Bahan Intro JelajahSumatera.com

Hai gaes selamat datang di blog CeritaK. Blognya saya Deka Firhansyah. Dalam postingan kali ini saya posting bahan-bahan untuk pembuatan animasi intro Bumper jelajahSumatera.com.

Kenapa saya posting di sini?

Tentu saja saya ada alasan sehingga gambar-gambar ini saya posting di blog CeritaK ini. Alasan mengapa ini saya posting di blog adalah sebagai berikut:

Pertama, sebagai bentuk dokumentasi. Ya tidak lain postingan ini bertujuan demi untuk mengabadikan bahan-bahan ini.  Sekalian saja saya buat menjadi postingan baru.

Kedua, teringat kenangan buruk. Sebelumnya saya punya pengalaman buruk saat membuat intro untuk Channel YouTube pribadi saya yakni channel DK. Saat terjadi insiden dan secara terpaksa smartphone saya ini mentok logo maka harus dilakukan wipe chache atau kurang lebih install ulang. Maka saya kehilangan bahan sekaligus hasil intro nya. Sedih tentu saja. Karena itu saya akan membuat postingan ini sebagai backup dapat apabila terjadi lagi insiden seperti itu.

Ketiga, saya sekalian ingin sedikit berbagi nilai historis dari Intro JelajahSumatera.com

Berikut tampilan terbaru dari logo JelajahSumatera.com:
Secara intinya logo jelajah Sumatera masih sama dengan yang kami minta buatkan oleh teman kami akun @pabriklogollg masih berupa Kompas yang tengah nya terdapat matahari. Filosofi nya kami ingin jelajah Sumatera bisa menjadi penunjuk arah dan menerangi orang-orang diluar Sumatera agar lebih bisa mengenal keindahan tanah Sumatera.
Logo tersebut adalah hasil karya buatan dari akun Instagram @pabriklogollg. Tentunya berdasarkan pesanan dari kami. Logo tersebut telah kami pakai sejak awal pembuatan blog dan akun Instagram @jelajahsumatera dan sepertinya kami belum memutuskan untuk berganti logo karena masih cinta dengan logo tersebut. Terimakasih @pabriklogollg, logo buatannya keren sekali.

Dari logo dasar tersebut kemudian kami melakukan sedikit penambahan untuk memperjelas posisi atau brand jelajah Sumatera itu sendiri. Kami menambahkan tulisan .com untuk memperjelas bahwa JelajahSumatera adalah sebuah portal web. Kemudian kami juga menambahkan alamat akun Instagram @jelajahsumatera.

Saya melakukannya menggunakan aplikasi Android pixel lap. So, ketahuan kan bahwa saya membuatnya hanya dengan bermodalkan smartphone Xiaomi Redmi 5A punya saya. Kemudian sekalian saja saya membuatnya  untuk bisa ditampilkan dalam animasi. Sebagai berikut:

Bahan Intro JelajahSumatera.com

Sebelum bisa menjadi seperti itu saya menyusun bahan-bahan tersebut menjadi perbandingan 16:9 juga dengan pixel lap. Bahan-bahannya sebagai berikut:

1. Logo Utama Jelajah Sumatera

Saya melakukan sedikit perubahan posisi pada logo utama Jelajah Sumatera. Saya meletakkannya sedikit ke kiri dari frame 16:9 yang saya gunakan. Ini saya lakukan untuk menempatkan logo tulisan.com disebelahnya.

2. Logo Tulisan .com

Saya menggunakan salah satu huruf yang ada pada aplikasi pixel lap untuk membuat tulisan .com. sebagai warnanya saya mencoba sebisa mungkin untuk sama dengan warna yang ada pada logo utama JelajahSumatera. Beruntung, pada aplikasi pixel lap juga tersedia pilihan untuk menambahkan warna yang bisa disesuaikan dengan warna bahan yang digunakan. Fitur ini juga ada pada Adobe Photoshop. Saya sendiri kurang tahu apa namanya. Yang jelas kita bisa mengambil warna dari warna yang sudah ada pada objek tertentu yang telah kita pilih sebelumnya. Dalam hal ini saya mengambil warnanya dari warna kompas dan tulisan JelajahSumatera itu sendiri.

3. Garis lurus

Logo berupa garis ini saya tambahkan hanya sebagai pelengkap atau pemanis tampilan secara keseluruhan. Karena saya ingin membuatnya tampak terlihat lebih menyatu maka saya tambahkan garis yang menyambung dari ujung kiri membelah kompas dibagikan bawah tulisan JelajahSumatera hingga ke bagian bawah tulisan .com.

4. Logo Instagram

Tidak lupa saya juga menambahkan logo Instagram di bagian bawah garis tersebut.

5. Tulisan @jelajahsumatera

Last disebelah logo Instagram saya juga menempatkan tulisan alamat akun Instagram miliknya JelajahSumatera yakni @jelajahsumatera.

Keseluruhan gambar tersebut kami tempatkan secara sistematis agar ketika diharuskan dapat tersusun rapih. Sebagai sentuhan akhir, saya juga menambahkan list berwarna putih yang penting digunakan agar logo tersebut bisa terlihat lebih jelas ketika ditempel pada suatu objek. Berikut hasilnya:

Intro Bumper JelajahSumatera

Sebagai tambahan saya juga membuat kan animasi agar logo JelajahSumatera tersebut  bisa tampak lebih menarik apabila ditampilkan  pada Video. Saya buat  logo tersebut bergerak menggunakan animasi masuk dan keluar yang ada pada aplikasi KineMaster.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Support!!!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua

Dukung Blog CeritaK ini agar selalu update dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel-artikel yang kalian baca.

Anda juga bisa memberikan donasi melalui pulsa ke 08982368506. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk mengembangkan konten blog CeritaK.

Kunjungi juga Blog Deka yang lainnya berikut ini:
JelajahSumatera.com
StoryAboutGadget.com

Buat interaksi dan mengenal Deka secara lebih personal silakan follow juga akun sosmed Deka di:
Facebook:
Https://facebook.com/deka.firhansyah
Fanpage:
CeritaK
Instagram:
@dekafirhansyah94
Channel YouTube:
CeritaK - Deka "K"Firhansyah
Email:
firhansyahdeka@gmail.com

Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.