Cara dan Tips masuk UNSRI

Hai gaes selamat datang di blog CeritaK. Blognya saya Deka Firhansyah. Dalam postingan kali ini saya akan berbagi tentang Cara dan tips masuk UNSRI.

Universitas Sriwijaya atau yang biasa disingkat UNSRI adalah salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang ada di Indonesia. 
Sebagai sebuah PTN tentu UNSRI menjadi salah satu perguruan tinggi yang menjadi incaran bagi banyak orang untuk menimba ilmu. Di Negara Republik Indonesia PTN masih dianggap punya prestise yang lebih baik ketimbang PTS (perguruan tinggi swasta).

Tidak mudah untuk bisa diterima di sebuah perguruan tinggi negeri. Peminatnya banyak, sementara jumlahnya hanya sedikit. Butuh strategi khusus dan proses belajar yang tekun.

Cara masuk UNSRI

Oh ya cara masuk UNSRI yang saya maksud disini adalah cara untuk bisa diterima kuliah di UNSRI ya. Kalau mau berwisata atau hanya sekedar jalan-jalan saja ke UNSRI maka silakan datang dan masuk saja lewat pintu gerbangnya hehehe.

Cara masuk diterima kuliah di UNSRI

Berikut adalah cara masuk atau diterima kuliah UNSRI. Cara diterima kuliah di UNSRI ada beberapa cara. Cara ini juga berlaku sama untuk cara masuk PTN lain. 

Seperti halnya yang berlaku pada PTN lainnya, ada beberapa jalur masuk untuk  bisa berkuliah di Universitas Sriwijaya atau UNSRI. Dengan cara inilah calon mahasiswa  memiliki peluang untuk bisa diterima  menjadi mahasiswa di UNSRI.

Pertama untuk masuk UNSRI calon mahasiswa bisa masuk Lewat jalur SNMPTN. Kemudian juga bisa lewat jalur SBMPTN. Terakhir untuk masuk kuliah di UNSRI bisa lewat jalur USM. Jika lulus seleksi lewat salah satu jalur tersebut maka calon mahasiswa bisa diterima kuliah di UNSRI.

Apa bedanya jalur SNMPTN, SBMPTN dan USM?

Terlihat jalur masuk perguruan tinggi negeri yakni jalur SNMPTN, jalur SBMPTN dan jalur USM masing-masing memiliki perbedaan satu sama lainnya. Berikut ini adalah perbedaan antara jalur SNMPTN, jalur SBMPTN dan jalur USM.

  1. SNMPTN 

SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur ini adalah jalur seleksi nasional untuk masuk kuliah di PTN bagi siswa siswi SMA dan sederajat yang baru akan lulus sekolah di tahun itu juga.

Pada jalur ini proses seleksi dilakukan tanpa tes. Seksi dilakukan dengan cara pengumpulan nilai rapor masing-masing siswa.

2. SBMPTN

SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sama seperti jalur SNMPTN, jalur ini juga merupakan sebuah proses seleksi untuk masuk perguruan tinggi negeri yang ada di seluruh Indonesia. Bedanya pada jalur ini, selain bisa diikuti oleh siswa-siswi yang baru lulus SMA dan sederajat di tahun yang sama dengan tahun SBMPTN di laksanakan juga bisa diikuti oleh para alumni SMA dan sederajat yang lulus maksimal dua tahun sebelumnya.

Jalur ini menjadi jalan bagi siswa-siswi yang tidak lulus SNMPTN dan alumni SMA dalam dua tahun terakhir untuk kembali mencoba untuk mendapatkan kursi untuk bisa berkuliah di PTN seluruh Indonesia seperti halnya UNSRI.

Pada jalur ini proses seleksi dilakukan dengan cara tes tertulis. Menjawab soal-soal yang telah disediakan dalam proses seleksi.

3. USM

USM adalah singkatan dari Ujian Saringan Masuk. Seleksi ini dilakukan oleh perguruan tinggi negeri secara mandiri. Seperti halnya beberapa PTN lainnya, UNSRI juga menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang memberikan kesempatan ketiga bagi calon mahasiswa UNSRI untuk kuliah di UNSRI lewat jalur ini.

Sama seperti pada jalur SBMPTN, jalur USM ini juga dilakukan dengan cara tes tertulis. Peserta diharuskan untuk menjawab soal-soal yang telah disediakan.

Perbedaan antara jalur USM dan SBMPTN adalah pada biaya pendidikan yang tentunya akan lebih mahal ketimbang mereka yang lulus  PTN lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Demikianlah 3 Cara untuk bisa diterima kuliah di UNSRI. Yakinlah Usaha tidak akan mengkhianati hasil maka dari itu berusahalah maksimal belajar jika ingin bisa diterima di Universitas Negeri.

Tips Masuk UNSRI

1. mengumpulkan nilai rapor yang tinggi. 

Pada jalur SNMPTN. Rapor dan prestasi-prestasi yang baik menjadi tolak ukur utama untuk bisa di terima ataukah tidak di PTN. Fokus pada mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional karena berdasarkan pengalaman nilai-nilai pada mata pelajaran tertentu merupakan acuan untuk bisa diterima di PTN.

2. Belajar yang tekun

Beda dengan SNMPTN pada jalur SBMPTN dan USM hasil dari jawaban soal-soal seleksi yang disediakan adalah tolak ukur peserta layak ataukah tidak untuk bisa diterima di UNSRI. Hal ini sangat erat kaitannya dengan proses belajar yang tekun. 

Semakin sering berhadapan dengan soal-soal maka akan semakin berpeluang besar untuk bisa lulus dan diterima untuk berkuliah di PTN seperti Universitas Sriwijaya.

3. Banyak-banyak berdo'a

Jangan lupa berdo'a. Jika sudah sampai pada usaha yang maksimal maka selanjutnya yang bisa kita lakukan hanyalah berdo'a. Hanya dengan kehendak Allah lah sukses akan bisa menyertai kita.

Tips Lulus UNSRI jalur Ujian Tulis (SBMPTN dan USM)

Ya, saya lulus SNMPTN dan bisa kuliah di UNSRI dan saat ini sudah menjadi sarjana lulusan dari UNSRI. Catatan perjalanan ini sekaligus sebagai motivasi untuk adik-adik yang mungkin juga tertarik untuk kuliah di UNSRI juga. Jangan gampang menyerah, jika gagal SNMPTN (sekarang hanya tanpa tes / dulu undangan) maka masih ada SBMPTN (ujian tulis). Berikut sedikit tips menghadapi ujian tulis. Fokuslah untuk menjawab soal-soal yang yakin bisa dijawab dengan benar. Sebelum itu tentu harus mempersiapkan diri  secara matang. Pelajari soal-soal tentang SBMPTN sebanyak mungkin. Jangan fokus pada jumlah. Percuma jika kita menjawab banyak soal namun banyak salah. Lebih baik menjawab sedikit tapi benar semua. Lanjut kembali ke catatan Perjalanan Menuju S.IP.

Kembali lagi terakhir jangan lupa berdoa 😊

Sekian, salam hangat


Deka Firhansyah, S.IP

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Support!!!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua

Dukung Blog CeritaK ini agar selalu update dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel-artikel yang kalian baca.

Anda juga bisa memberikan donasi melalui pulsa ke 08982368506. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk mengembangkan konten blog CeritaK.

Kunjungi juga Blog Deka yang lainnya berikut ini:
JelajahSumatera.com
StoryAboutGadget.com

Buat interaksi dan mengenal Deka secara lebih personal silakan follow juga akun sosmed Deka di:
Facebook:
Https://facebook.com/deka.firhansyah
Fanpage:
CeritaK
Instagram:
@dekafirhansyah94
Channel YouTube:
CeritaK - Deka "K"Firhansyah
Email:
firhansyahdeka@gmail.com

Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.