Jangan menulis karena uang?

Hai gaes selamat datang di blog CeritaK. Blognya saya Deka Firhansyah. Kembali lagi saya menulis tentang tips menulis. Tulisan ini juga sekaligus sebagai bentuk berbagi pengalaman selama saya menekuni dunia tulis-menulis.
Hari itu saya ketemu dengan salah seorang pembina kami dalam sebuah organisasi di kampus. Beliau bertanya "masihkah Deka (saya) menulis?" Masih begitulah jawaban saya. Selalu saya garis bawahi bahwa hasil (honor) yang saya terima dari menulis rasanya tidak sepadan. Meskipun begitu, tidak membuat saya ogah-ogahan dalam berbagi tulisan ke media massa.

Saya jusru tetap lanjut menulis.  Saya menulis karena ada begitu banyak beban-beban yang  d mengganjal di pikiran saya. Selanjutnya beliau memberikan tambahan motivasi kepada saya untuk jangan risau soal honor kecil yang saya terima dari menulis. "Nanti mereka yang akan mencari kamu" iya, entahlah, saat ini saya menulis masih soal senang-senang.

Jangan menulis karena uang

Itulah pesan yang saya sampaikan kepada kamu-kamu yang baca tulisan saya dan ingin ikut berkirim tulisan juga ke media massa. Pesan yang sama juga disampaikan beberapa penulis yang sudah terkenal. 

"Kalau motivasi nya adalah uang maka, sudah dari dulu saya berhenti menulis". Bahkan seorang Alit Susanto mengaku honor / royalti pertama yang ia terima dari bukunya yang berjudul "Shitlicious" adalah hanya 1,5juta dan itu baru ia terima setelah 6 bulan menunggu. Belum lagi jika ditarik kebelakang proses bertahun-tahun untuk menembus penerbit. Jika karena uang mas Alit Susanto mengaku pasti tidak akan lanjut menulis.

Kesimpulannya, Jangan menulis karena uang. Menuliskan karena memang ada hal-hal atau pemikiran yang ingin disampaikan. Menuliskan karena suka menulis. Menulis lah karena ingin menulis.
---------------------------------------------------------------------
Buat interaksi dan mengenal Deka secara lebih personal mampir juga ke sini ya:
Website Deka: http://www.dekafirhansyah94.blogspot.com
Follow akun sosmed Deka di:
Facebook: http://facebook.com/deka.firhansyah
Instagram: http://instagram.com/dekafirhansyah94

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Support!!!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua

Dukung Blog CeritaK ini agar selalu update dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel-artikel yang kalian baca.

Anda juga bisa memberikan donasi melalui pulsa ke 08982368506. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk mengembangkan konten blog CeritaK.

Kunjungi juga Blog Deka yang lainnya berikut ini:
JelajahSumatera.com
StoryAboutGadget.com

Buat interaksi dan mengenal Deka secara lebih personal silakan follow juga akun sosmed Deka di:
Facebook:
Https://facebook.com/deka.firhansyah
Fanpage:
CeritaK
Instagram:
@dekafirhansyah94
Channel YouTube:
CeritaK - Deka "K"Firhansyah
Email:
firhansyahdeka@gmail.com

Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.