Ganti Oli ke empat, kedua kalinya dalam 1 bulan, Waktu yang ideal untuk Ganti oli

Hai gaes selamat datang di blog CeritaK. Blognya saya Deka Firhansyah. Dalam postingan kali ini saya akan kembali menulis tentang Si Putih. Si Putih adalah tunggangan saya sehari-hari sebuah Honda Beat 2018. Hari ini Si Putih harus ganti oli ke empat. Mengapa harus ganti oli tiap 1500Km? Dan mengapa bisa terjadi 2 kali ganti oli dalam 1 bulan? Yuk simak tulisan saya berikut ini.

Jadi ceritanya hari ini Senin, 29 Oktober 2018. Saya mulai dengan bersiap-siap menjalani aktivitas. Saya mulai dengan memanaskan mesin. Ingat, jika Anda ingin aki awet maka setiap pagi atau saat pertama kali dihidupkan dalam satu hari maka, harus dengan engkol jangan langsung di starter.
Posisi Jarak tempuh (Km) menunjukkan angka 6.931.6 Km, katakanlah sampai ke bengkel jadi 6932 Km. Waduh, sudah hampir waktunya untuk ganti Oli lagi. Padahal rasanya baru kemarin saya ganti oli. Tapi memang jika melihat dan mengingat, berdasarkan catatan saya disini (Riwayat Si Putih), dapat diketahui bahwa terakhir kali saya ganti oli adalah saat motor mempuh jarak 5553.6. Sudah hampir menempuh jarak 1500Km meski belum 1bulan berlalu.

Mengapa Ganti Oli setiap 1500Km?

Perhatian. Tidak ada jarak yang pasti untuk mengukur kapan waktu terbaik untuk ganti oli. Jika ingin motor Anda awet maka tidak ada salahnya untuk melakukan penggantian oli dengan lebih cepat. Karena jelas lebih cepat ganti oli lebih baik. Apa harus nunggu mesin jebol dulu baru mau ganti oli? Tidak bukan.

Ketika saya bertanya dengan mekanik Honda saat penanganan keluhan atas motor saya, dijelaskan bahwa idealnya ganti oli motor Beat harus dilakukan setiap bulannya secara rutin atau setiap telah menempuh jarak 1500-2000 Km yang dihitung dari saat penggantian oli yang terakhir. Lebih pendek lebih baik.

Adapun Si Putih pertama kali ganti oli saat jarak tempuh tembus 1000Km. Selain ganti oli, itu adalah waktunya untuk dilakukan servis 1. Membersihkan mesin dari sisa-sisa kotoran hasil produksi. Kemudian saya sedikit "nekat" baru akan ganti oli saat sudah 4000Km berbarengan dengan jadwal servis ke 2 atau jika telah menempuh perjalanan 4000Km.

Hal itu saya lakukan murni karena tidaktahuan saya. Kapan waktu ideal untuk ganti oli? Kemudian di Km 3500an terpaksa motor saya bawa ke bengkel karena adanya beberapa keluhan selain masalah oli. Waktu itu kondisinya memang motor terasa mulai berat alias underpower.

Berdasarkan pengalaman selama menggunakan motor Honda Beat baik keluaran 2014 maupun yang sekarang Beat 2018, kami masih setia dengan oli standar pabrikan Honda. Diketahui bahwa saat mulai lewat jauh dari 1000Km atau dekat dengan jarak tempuh 1500 Km setelah ganti oli sebelumnya maka tarikan motor mulai terasa berat. Dari pengalaman itu maka saya yakin bahwa memang lebih baik jika ganti oli dilakukan setelah mencapai jarak tempuh 1000Km.

Adapun berdasarkan pengalaman kami jarak tempuh 1000 Km dapat tercapai hanya dalam 2 Minggu kemudian. Ya, itu artinya cepat sekali. Adapun jarak 2000Km dapat kami tempuh dalam 1 bulan. Tentu dengan begitu pengeluaran jadi membengkak.

Namun seperti yang sudah saya sampaikan diatas saat saya lakukan ganti oli di 3500an dari yang sebelumnya 1000an maka terlihat jarak sekitar 2500Km. Mengenang kejadian itu menurut saya jika ganti oli motor Beat baru dilakukan saat sudah jalan sejauh 2000Km maka, rasanya motor akan sedikit tersiksa.

Jadi, saya memilih untuk rutin ganti oli setiap 1500Km. Adapun opsi untuk ganti oli tiap 2000Km hanya cocok untuk jadi opsi terakhir jika memang terpaksa. Sejauh ini saya masih percaya dengan oli Standar pabrikan. Tidak tertutup kemungkinan jika menggunakan oli lainnya, apalagi yang terkenal lebih mahal dan bagus maka akan mendapatkan hasil yang berbeda. Yuk buat kamu yang pake oli lain ditulis pengalamannya di kolom  di komentar ya!!!

Ganti Oli ke 2 kalinya dalam 1 bulan terakhir?

Ya, terakhir kali Si Putih ganti oli sebelumnya terjadi pada 8 Oktober 2018 di jarak tempuh 5553.6 Km dan Hari ini Senin 29 Oktober 2018 sudah harus ganti oli lagi karena sudah 6931,6Km. Sebenarnya jadwal ganti oli baru akan saya lakukan jika telah menempuh perjalanan lebih dari 7000Km.

Dengan berbagai pertimbangan maka, Ya udah memang harus begitu mau gimana lagi? Rutinitas saya kedepannya akan sibuk. takutnya nanti tidak sempat. Ya udah mumpung olinya masih gratis apa salahnya kembali dipercepat hahaha.

0 Response to "Ganti Oli ke empat, kedua kalinya dalam 1 bulan, Waktu yang ideal untuk Ganti oli"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar, semoga artikel yang kami posting dapat bermanfaat bagi anda :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel