Sistem CAT dan tuntutan zaman untuk serba digital

Perkembangan zaman mengharuskan untuk mengubah sistem manual menjadi sistem digital.

Dahulu kala sebuah diary atau catatan harian ditulis di kertas yang kita sebut buku diary. Kini catatan-catatan harian kita itu bisa kita tulis di sosial media atau blog.

Termasuk juga pada sistem seleksi CPNS di Indonesia ikut berubah memanfaatkan perkembangan sistem digital.

Dahulu kala seleksi CPNS dilakukan dengan sistem paper base Test (tes tertulis menggunakan kertas) kini sudah berubah menjadi sistem Computer Assisted Test.

Perubahan zaman menuntut semua hal untuk dapat menyesuaikan dengan meninggalkan sintem manual dan berpindah ke sistem digital.

Sistem Computer Assisted Test (CAT) adalah metode seleksi menggunakan Software dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Hal ini penting untuk mewujudkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil.


Soal TKD CAT CPNS dibuat oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan 3 jenis bidang pengujian yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Untuk alokasi waktu pelaksanaan ujian TKD berbasis komputer atau yang lebih sering disebut Computer Assisted Test (CAT) waktunya adalah 90 menit untuk masing-masing peserta seleksi.

Sedangkan kisi-kisi materi tes kompetensi bidang, disusun dan ditetapkan masing- masing instansi pembina jabatan fungsional.

Dengan sistem komputer, peserta langsung mengerjakan soal ujiannya di layar monitor komputer yang disediakan di lokasi tes.

Dengan penggunaan sistem CAT diharapkan tidak ada lagi kecurangan dalam penyelenggaraan seleksi CPNS di Indonesia.

0 Response to "Sistem CAT dan tuntutan zaman untuk serba digital"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar, semoga artikel yang kami posting dapat bermanfaat bagi anda :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel