Sejarah Blog dan 5 manfaat Ngeblog

Hai gaes, selamat datang Di blog CeritaK, blognya saya, Deka Firhansyah. K (ka) adalah panggilan saya jadi blog ini intinya cerita K atau cerita Deka. Blog tempat saya Berbagi catatan kuliah Administrasi Negara dan Manajemen, Tips dan trik ngeblog, menulis, serta curhat dan berbagi inspirasi. Pada kesempatan kali ini saya akan kembali Cerita seputar sejarah blog dan 5 manfaat Ngeblog.

Tulisan sejarah blog ini saya peroleh dari email yang dikirimkan oleh perusahaan penyedia domain dan hosting niaga hoster dalam artikel mereka berikut ini 👉https://www.niagahoster.co.id/blog/contoh-blog/amp/.

Kemudian dari artikel tersebut saya gabungkan dengan pengalaman saya selama menjalani aktivitas Ngeblog.

Sejarah blog?

Sejarah panjang blog berawal dari pembuatan laman pribadi oleh Justin Hall pada tahun 1994 hingga lahirnya WordPress dan akuisisi Blogger oleh Google pada tahun 2003.


Blog di Indonesia

Blog mulai dikenalkan di Indonesia oleh Enda Nasution yang juga disebut sebagai Bapak Blogger Indonesia. Julukan tersebut bukan tanpa alasan. Enda tercatat sebagai blogger pertama di Indonesia dan mengenalkan blog kepada masyarakat Indonesia melalui artikel berjudul “Apa itu Blog” pada tahun 2001.

Pada 27 Oktober 2007, Enda bersama beberapa blogger nasional lain mengadakan Pesta Blogger yang juga diprakarsai oleh perusahaan konsultan komunikasi, Maverick. Acara ini bertujuan menjadi ajang berkumpulnya para blogger Indonesia untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai blog.

Pesta Blogger inilah yang menjadi cikal bakal Hari Blogger Nasional. Menteri Komunikasi dan Informasi, Muhammad Nuh, yang saat itu memberikan sambutan pembukaan berinisiatif menyebut 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional.

Pada tahun 2015, Antara melaporkan terdapat 3,5 persen blogger dari 88,1 juta pengguna internet di Indonesia atau sekitar 3 juta blogger. Angka ini termasuk kecil, mengingat penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 200 juta orang.

Walaupun jumlah blogger di Indonesia masih terhitung sedikit dibandingkan rasio penduduknya, ketertarikan terhadap profesi sebagai blogger tetap ada, terutama pada anak muda dan kalangan ibu.

5 Manfaat Ngeblog?

Pilihan menjadi blogger tetap menarik karena berbagai manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan dari aktivitas online tersebut. Setidaknya terdapat lima manfaat yang bisa Anda dapatkan dari ngeblog.

Pertama, Anda memiliki kesempatan untuk mengasah kemampuan menulis. Ya, Ngeblog melatih saya dalam menulis. Hasilnya beberapa tulisan saya bisa terbit di koran lokal dan nasional. Menyenangkan.

Kedua, Anda dapat berbagi informasi dan pengalaman. Berbagi itu menyenangkan. Saya selalu memikirkan apa yang bisa saya bagikan kepada orang-orang. Uang? Tidak, tidak semua orang akan senang jika diberi uang. Beberapa orang akan tersinggung karena merasa harga dirinya direndahkan. Kebanyakan mungkin akan senang apabila diberi uang, namun itu bukan tindakan yang mendidik, justru menimbulkan mental buruk. Satu yang pasti saya juga tidak punya banyak uang. Jadi, yang bisa saya lakukan adalah berbagi informasi dan pengalaman. Siapa tahu akan bermanfaat bagi orang-orang.

Ketiga, blog bisa Anda jadikan sebagai sarana untuk personal branding. Tidak dipungkiri blog menjadi tempat bagi saya untuk memperkenalkan profil pribadi saya kepada orang-orang.

Keempat, dari blog Anda juga bisa menghasilkan uang. Yup, blog bisa menyediakan tempat untuk menampilkan iklan. Seorang blogger bisa mendapatkan uang dengan menampilkan iklan. Ada layanan Google Adsense atau juga bisa menerima jasa pemasangan iklan secara mandiri. Dari Ngeblog saya juga mulai percaya diri mengirimkan tulisan kepada media massa, jika terbit maka tentu akan ada kemungkinan untuk bisa menghasilkan uang.

Kelima, Anda juga bisa membangun network dengan blogger-blogger lain.

Bagi yang sudah memiliki blog, Anda bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat blog yang lebih baik lagi. Bagi yang belum memiliki blog, mungkin tulisan ini dapat mendorong Anda untuk mulai ngeblog.

0 Response to "Sejarah Blog dan 5 manfaat Ngeblog"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar, semoga artikel yang kami posting dapat bermanfaat bagi anda :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel