Cara Ganti Template Blog Mudah, semudah copy paste dan minim lag saat edit menu

Hari ini saya kembali posting tentang Tips Ngeblog. Tips Ngeblog yang saya bagikan kali ini adalah tentang cara ganti template blog mudah, semudah copy paste dan minim lag saat edit menu. Sebelumnya sedikit catatan, karena saya seorang pemula dalam hal edit-edit template blog maka artikel saya ini hanya berguna buat kamu yang juga masih pemula. 

Mari sama-sama kita belajar blog, belajar edit blog, belajar edit template blog. Karena ilmu Ngeblog tidak akan merugikan dan justru akan  bermanfaat untuk menyongsong era digital. Disini saya menggunakan blogspot jadi artikel saya ini akan fokus pada cara edit template blog blogspot.

Apa itu Template?

Template merurut saya adalah rancangan tampilan tertentu yang sudah disusun dan ditentukan serta dibuat agar bisa diubah-ubah atau di costomisasi sesuai dengan keinginan.

Apa itu Template Blog?

Sebuah rancangan tampilan tertentu untuk blog yang sudah disusun dan ditentukan dan dibuat agar bisa diubah-ubah atau di costomisasi sesuai keinginan atau kebutuhan pengelola blog.

Cara Ganti Template Blog

Cara Ganti template blog artinya berkaitan erat dengan cara merubah tampilan blog atau cara memodifikasi blog atau cara mempercantik blog. 

Untuk mempercantik tampilan blog sesungguhnya kita tidak perlu mengganti keseluruhan template blog. Menambahkan beberapa widget adalah Cara mempercantik tampilan blog yang paling mudah. Namun ingat kebanyakan widget membuat loading blog terasa lebih berat.

Jika kamu punya kemampuan mengolah html dengan baik maka tidak ada salahnya untuk melakukan edit html untuk mempercantik tampilan blog. Atau jika rajin tidak ada salahnya untuk membuat template sendiri sesuai selera.

Namun disini saya akan langsung mengganti Template lama di blog saya dengan template yang baru. Karena saya tidak begitu paham dengan html jadi akan lebih mudah bagi saja jika hanya mengganti Template blog saya dengan template yang punya tampilan lebih bagus dan mengeditnya ketimbang membuat sendiri.

Saya menggunakan template viomagz buatan mas Sugeng (siapa mas Sugeng silakan cek di google) yang saya dapatkan dari blog mas Anggading (cek juga di google).


Ada 2 cara untuk mengganti Template Blog blogspot

1. Ganti Template sesuai dengan apa yang sudah disiapkan oleh blogspot


2. Ganti Template Blog menggunakan template yang didownload dari pihak ketiga tidak disediakan oleh blogspot)

Template yang didownload dari pihak ketiga maksudnya adalah template hasil buatan orang lain yang ingin kita aplikasikan atau kita pasang di blog milik kita. Template jenis ini bisa kita dapatkan secara gratis maupun berbayar tergantung jenis, kerumitan, dan kualitas template tersebut

Cara memasang template blog dari pihak ketiga
Ada 2 metode untuk memasang template blog

1) metode Upload
Pertama siapkan terlebih dahulu file template blogspot yang akan digunakan. Silakan cari di google dengan kata kunci template blog gratis atau template blog premium (bayar) biasanya berupa file dengan format .xml.

Langkah-langkah memasang template blog dengan metode Upload:
1. Masuk ke blogger
2. Pilih menu Tema
3. Pilih backup/pulihkan
4. Klik pilih File
5. Pilih file template yang sudah di download
6. Kemudian klik upload dan selesai.

Langkah-langkah tersebut terlihat sangat mudah dan bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan smartphone atau laptop berspesifikasi rendah.

Namun sayangnya tidak sesederhana itu. Masalah baru akan timbul setelah template dipasang. Seringkali  widget yang terpasang menjadi bertumpuk dan membuat loading blog tetap menjadi berat (sok tau).

Kemudian tentu saja setelah template terpasang kita masih harus melakukan edit html untuk menyesuaikan menu-menu atau sintem navigasi antar halaman di blog kita. 

Masalahnya adalah tidak semua perangkat sanggup untuk menjalankan edit html secara lancar. Apalagi jika kita ngeblog hanya bermodalkan smartphone Android. Untuk smartphone flagship mungkin tidak masalah. Lancar jaya. Namun untuk smartphone Android entry level Xiaomi Redmi 5A seperti punya saya rasanya pasti akan kualahan.

Untuk itu kita harus menggunakan metode lainnya yakni metode selanjutnya.

2). Cara Ganti Template Blog dengan cara copy paste ke menu edit Html
Disini saya akan langsung fokus pada Cara mengganti Template blog blogspot menggunakan hp Android.

Sebelum masuk ke edit html pertama kita siapkan terlebih dahulu kode Html template yang akan digunakan. Disini saya menggunakan Hp Smartphone Android Xiaomi Redmi 5A. Ya saya akan Menganti template dan mengedit Html mengunakan hp Android.

Berikut langkah-langkahnya
1. Buka file template yang telah didownload menggunakan aplikasi WPS. Kepanasan WPS? Karena aplikasi word tidak bisa digunakan untuk membuka dan mengedit file berformat .xml.

2. Edit bagian-bagian dari template yang akan kamu ganti. Terutama tambahkan link-link kemana menu navigasi akan tertuju. Menu navigasi diperlukan untuk mempermudah pengunjung dalam memperoleh informasi yang mereka butuhkan di blog kita.

Dibagian proses pengeditan ini kita juga bisa langsung menambahkan script google Adsense yang akan digunakan.

Dengan melakukan proses Edit html di WPS maka kemungkinan terjadinya lag akan menjadi minimal . Hanya saja metode ini memiliki kelemahan yaitu kita harus mencari halaman perhalaman yang akan kita edit. Pastikan jangan sembarang menghapus ya!! Untuk amannya usahakan bagian yang kita edit  hanya bagian menu saja guna meminimalisir kesalahan dalam proses pengeditan.

3. Setelah selesai pengeditan, selanjutnya copy seluruh kode html tersebut.

4. Kembali ke blogger masuk menu Tema, kemudian pilih edit html.

5. Pilih semua kode Html yang ada pada kolom edit html tersebut.

6. Pencet tombol backspace pada keyboard atau langsung saja pilih tempel setelah seluruh kode html tersebut dipilih

5. Klik simpan.

Dan Cara Ganti Template Blog telah selesai dilakukan. Mudah bukan!!! Demikianlah ikuti langkah-demi langkah Cara Ganti Template Blog  Mudah, semudah copy paste dan minim lag saat edit menunya dari saya hingga Dengan begitu blog kita akan langsung berubah tampilannya menjadi lebih keren nan menarik tanpa perlu melakukan edit html lagi di blogspot nya.

Berikut video kenangan saat saya mengganti Template blog saya ini silakan ditonton ya.

0 Response to "Cara Ganti Template Blog Mudah, semudah copy paste dan minim lag saat edit menu "

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar, semoga artikel yang kami posting dapat bermanfaat bagi anda :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Support!!!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua

Dukung Blog CeritaK ini agar selalu update dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel-artikel yang kalian baca.

Anda juga bisa memberikan donasi melalui pulsa ke 08982368506. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk mengembangkan konten blog CeritaK.

Kunjungi juga Blog Deka yang lainnya berikut ini:
JelajahSumatera.com
StoryAboutGadget.com

Buat interaksi dan mengenal Deka secara lebih personal silakan follow juga akun sosmed Deka di:
Facebook:
Https://facebook.com/deka.firhansyah
Fanpage:
CeritaK
Instagram:
@dekafirhansyah94
Channel YouTube:
CeritaK - Deka "K"Firhansyah
Email:
firhansyahdeka@gmail.com

Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.