Belajar HTML Paling Dasar - membuat Hyperlink menuju blog kita di kolom komentar situs lain dan YouTube

Belajar HTML Paling Dasar
Selamat Datang Di blog CeritaK, blognya saya Deka Firhansyah. DekaFirhansyah94.blogspot.com adalah blog tempat saya Berbagi catatan kuliah Administrasi Negara dan Manajemen, Tips & trik ngeblog, menulis, serta curhat dan berbagi inspirasi.

Pada kesempatan kali ini saya akan kembali membahas seputar tips ngeblog. Dan tips ngeblog yang akan kita bahas disini adalah tentang HTML Paling Dasar menurut saya yakni, Membuat Hyperlink.

Dengan menggunakan HTML maka kita bisa menempatkan link tertentu (misal blog kita) di kolom komentar blog orang lain. Selain itu juga bisa digunakan untuk menambahkan link di deskripsi video YouTube.

Tidak akan rugi untuk mempelajari hal-hal dasar berupa pengetahuan tentang cara Kerja HTML ini. Justru menyenangkan.

Sedikit CeritaK. Dulu saya pernah dimarahi Deki karena saya komentar di blog orang tapi link blog kami tidak muncul alias tidak berupa link yang bisa langsung di akses tanpa dicopy terlebih dahulu.

Saya dimarahi Deki karena dulu saya sama dengan anda, saya dulu tidak paham bahwa untuk mencantumkan link tertentu harus menambahkan kode Html.

Saya pikir ketika kita menuliskan link misalnya, www.DekaFirhansyah94.blogspot.com maka secara otomatis url atau link tersebut akan hidup dan seketika saat diklik akan membuka halaman blog saya. Ternyata saya keliru.

Berbeda dengan kondisi ketika kita berkomentar di facebook yang mana link akan segera aktif. Jika kita berkomentar di blog atau YouTube maka link yang kita cantumkan tidak akan secara otomatis bisa aktif.

Setidaknya dulu begitu. Belakangan saya baru menyadari bahwa di YouTube juga sudah bisa secara otomatis mengenali link yang dituliskan. Contohnya sebagai berikut:
Atau bisa juga langsung ditulis seperti berikut:
Oleh karena itulah kebanyakan web atau blog masa kini banyak yang sudah menyediakan kolom komentar Facebook di web atau blog mereka.

Untuk berkomentar dengan disertai meninggalkan link di situs web atau blog orang lain maka, perlu menambahkan bahasa khusus agar link tersebut bisa hidup atau aktif. Bahasa tersebut disebut HTML atau kepanjangannya adalah Hyperteks Multi Language. 




Dari sanalah awal mula saya belajar HTML. Saya belajar HTML untuk mencantumkan link menuju ke blog saya setelah berkomentar di blog milik orang lain yang saya kunjungi.

Dengan mengetahui HTML, Setidaknya ketika kita berkomentar maka kita juga bisa memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan kunjungan.

Kualitas konten memang hal utama yang harus diperhatikan oleh seorang Content Creator. Entah di YouTube maupun di blog, kualitas konten adalah hal yang penting agar pembaca dan penonton betah. Begitulah pesan dari orang-orang yang lebih dahulu menjadi content creator.

Setelah kualitas konten sudah oke maka selanjutnya adalah melakukan promosi untuk mendapatkan lebih banyak pembaca dan penonton. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi, membaca dan menonton hasil karya orang lain. Dalam dunia blogging aktivitas tersebut disebut blogwalking.

Blogwalking akan lebih efektif jika dibarengi dengan meninggalkan link. Link tersebut dinamakan backlink. Gunanya agar pemilik blog yang kita kunjungi itu dapat juga mengunjungi blog kita. 

Selain itu kita juga bisa memiliki kemungkinan untuk mendapatkan pengunjung baru dari orang-orang yang tertarik dengan komentar kita di blog dimana kita berkomentar.

Kemudian link yang relevan tersebut akan bisa menjadi pertimbangan bagi google untuk menilai blog kita.

Lalu bagaimana caranya membuat Link ke blog kita di blog orang lain?

Caranya mudah, cukup masukkan kode HTML berikut :
<a href="http://Dekafirhansyah94.blogspot.com">DekaFirhansyah94.blogspot.com</a>.
Silakan ganti http://dekafirhansyah94.blogspot.com dengan link yang ingin Anda cantumkan untuk dibuka saat diklik. Kemudian ganti kata DekaFirhansyah94.blogspot.com dengan kata-kata yang Anda inginkan untuk dibaca orang. Maka hasilnya akan terlihat seperti berikut:

Cara ini juga berlaku buat kamu yang ingin mencantumkan link ke profil Facebook atau profil Instagram kamu di kolom komentar blog orang lain.

Selamat mencoba.

0 Response to "Belajar HTML Paling Dasar - membuat Hyperlink menuju blog kita di kolom komentar situs lain dan YouTube"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar, semoga artikel yang kami posting dapat bermanfaat bagi anda :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Support!!!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua

Dukung Blog CeritaK ini agar selalu update dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel-artikel yang kalian baca.

Anda juga bisa memberikan donasi melalui pulsa ke 08982368506. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk mengembangkan konten blog CeritaK.

Kunjungi juga Blog Deka yang lainnya berikut ini:
JelajahSumatera.com
StoryAboutGadget.com

Buat interaksi dan mengenal Deka secara lebih personal silakan follow juga akun sosmed Deka di:
Facebook:
Https://facebook.com/deka.firhansyah
Fanpage:
CeritaK
Instagram:
@dekafirhansyah94
Channel YouTube:
CeritaK - Deka "K"Firhansyah
Email:
firhansyahdeka@gmail.com

Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.