Tidak ada Ketentuan Pasti Tulisan Layak Terbit atau Tidak diterbitkan, Coba Kirimkan Saja

 

Dalam postingan kali ini saya akam membahas soal salah satu tulisan saya yang saya kirimkan ke media massa namun belum juga diterbitkan sampai kini beberapa bulan lamanya telah berlalu. 

Periode Januari-Februari 2018 saya membuat beberapa tulisan dan ini adalah salah satunya. Tulisan-tulisan  itu saya simpan  di sebuah micro SD sebab rencananya akan saya kirimkan ke media massa satu demi satu untuk jangka waktu beberapa bulan kedepan. Naas, bulan Maret Smartphone Lumia 535 yang biasa saya gunakan menulis rusak. Menyusul kemudian memori micro SD tersebut juga ikut rusak san tidak bisa terbaca.

Lanjut bicara soal tulisan saya yang judulnya "Salah Mata atau Salah Wanita". Entahlah saya pikirkan ketika membuat tulisan ini. Satu yang pasti, tulisan ini terinspirasi dari kisah nyata yang saya alami dalam kehidupan sehari-hari. Satu dari beberapa tulisan yang buat di Smartphone Lumia 535 sebelum si Smartphone layarnya pecah lagi. Tulisan yang saya buat periode Januari-Februari 2018. Satu diantara tulisan yang tersisa setelah micro SD rusak karena sempat saya kirimkan ke media massa.

Saya paham, tidak semua tulisan yang saya tulis dan saya kirimkan ke media massa bisa diterbitkan. Dan tulisan berjudul "Salah Mata atau Salah Wanita" ini adalah salah satu tulisan saya yang gagal terbit. Ironisnya lagi tulisan ini termasuk khusus saya buat untuk dikirim ke media massa.

Tulisan ini belum saya posting di blog sebab saya merasa sayang karena menurut saya tulisan ini spesial dan layak jual. Saya mengira-ngira bahwa sebuah tulisan yang belum pernah dipublikasikan lebih berpeluang untuk diterbitkan ketimbang yang sudah dipublikasikan di media lain meskipun itu  di sebuah blog pribadi.

Namun apa daya, tulisan ini bahkan kalah dengan tulisan lainnya "Cara Ngeprint Langsung dari Smartphone Pakai Printer Kabel" yang juga saya kirimkan ke media massa yang sama beberapa bulan kemudian. Sebuah media massa bereputasi. Menariknya tulisan tersebut bahkan sudah lebih dahulu saya posting di blog sebelum saya kirim ke media massa tersebut.

Dengan pengalaman itu maka bertambahlah pengetahuan saya tentang dunia tulis-menulis yang bisa saya bagikan kepada teman-teman pembaca blog saya. Intinya tidak ada ketentuan pasti bahwa pemilik karya tulis tidak boleh memposting tulisan-tulisan yang dikirim ke media massa sebelum diterbitkan oleh media massa tersebut. Jadi terserah, asalkan yakin tulisan yang kita buat bagus dan bermanfaat bagi orang lain silakan saja dicoba untuk mengirimkan tulisan tersebut kepada media massa. 

Tim redaksi Media massa berhak memberi penilaian atas karya tulis kita tersebut. Layak ataukah tidak untuk diterbitkan. Jika layak maka akan diterbitkan. Jika belum layak maka tidak akan diterbitkan tanpa adanya pemberitahuan lebih lanjut kecuali kompas biasanya ada email balasan berupa pengembalian berkas tulisan. Jadi, berhentilah menjadi editor untuk diri sendiri. Coba kirimkan saja karya kita, dan tunggu hasilnya, sebab Tidak asa Ketentuan Pasti Tulisan Layak atau Tidak diterbitkan.


  • Tadinya saya pikir hal-hal yang saya sampaikan di atas hanya akan saya jadikan paragraf pembuka dari postingan saya soal karya tulisan saya yang judulnya "Salah Mata atau Salah Wanita". Dikarenakan postingan ini sudah cukup panjang, maka saya memutuskan untuk memposting tulisan "Salah Mata atau Salah Wanita" pada postingan selanjutnya...

0 Response to "Tidak ada Ketentuan Pasti Tulisan Layak Terbit atau Tidak diterbitkan, Coba Kirimkan Saja"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar, semoga artikel yang kami posting dapat bermanfaat bagi anda :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel