Lowongan Kerja Palsu? Kerja cuma Copas, benarkah?

Rabu, 18 Juli 2018 sekitar pukul 5 pagi saya mendapati ada seseorang yang mengirimkan sebuah lowongan pekerjaan ke salah satu Grup Facebook yang saya ikuti. Isi postingan tersebut adalah sebagai berikut:

Sebuah lowongan kerja yang sangat menggiurkan. Hanya dengan copy paste bisa mendapatkan uang Rp.200ribu/hari. Langsung saja saya kirimkan data yang diminta via email. Untuk jaga-jaga saya sengaja tidak menggunakan email pribadi saya, melainkan email lainnya.

Saya tertarik untuk mencoba sebab sebelumnya Saudara saya pernah mendapatkan pekerjaan sampingan dengan menggunakan metode yang sama. Cukup copy dan paste link tertentu dan bagikan ke grup-grup. Jelas saya sangat tertarik, apalagi satu job katanya dihargai senilai Rp20ribu.

Sembari menunggu email balasan, saya kemudian mengcopy paste link yang dimaksud ke browser untuk membuka info selanjutnya. Dan inilah gambaran Web yang ditujukkan oleh link bit.ly/2iVvcAL tersebut.

Dari gambar tersebut terlihat jelas bahwa web yang dimaksud ternyata dibuat menggunakan sub domain dari wordpress.com. Kenyataan bahwa web "perusahaan" itu masih menggunakan sub dimado dari wordpress.com langsung melunturkan kepercayaan saya. Mulai ada banyak kecurigaan.

Informasi yang dimuat di web tersebut intinya terutama berupa pemberi tahuan bahwa 1 kali job bernilai Rp. 30.000,- dan 1 hari minimal bisa 5 kali job. Hal tersebut berbeda dengan yang dibagikan di Facebook.

Kemudian juga ditampilkan testimoni. Namun sayang testimoni tersebut cukup mencurigakan sebab tidak ada yang mencantumkan foto, kontak  dan, situs web yang bisa dihubungi. Silakan nanti lihat di video.

Tidak lama saya kemudian menerima pesan email balasan dari mereka. Dan ya. Dugaan saya benar, sebelum mulai kerja. Orang yang berminat untuk melakukan pekerjaan ini diminta melakukan aktivasi. Biaya aktivasi harus ditransfer terlebih dahulu sebesar Rp. 90.000,- seperti pada gambar berikut ini:
Selain itu juga disediakan link menuju ke situs web lainnya yang ternyata dibuat di blogspot.com. bisa dilihat seperti pada foto berikut ini:

Ya sudahlah, sudah bisa dipastikan bahwa lowongan kerja tersebut palsu. Dengan kenyataan web yang sangat sederhana, menawarkan gaji/upah yang berbeda antara 1 web dan facebook. Nanti kalau kita kirim uang via transfer ke rekening mereka maka, hampir dipastikan tidak akan ada konfirmasi apa-apa.

Para pencari kerja dewasa ini memang telah menjadi pangsa pasar tersendiri bagi para pengusaha. Ada pengusaha yang membuka usaha berembel-embel course, seminar dan lain sebagainya. Dimana memanfaatkan keingintahuan para pencari kerja atas tips-tips sukses.

Ada juga banyak pengusaha nakal yang berusaha menipu para pencari kerja. Modusnya pencari keeja diminta mengirimkan sejumlah uang terlebih dahulu untuk mendapatkan pekerjaan yang ujungnya tidak jelas. Jika

Di lihat dari beberapa kecurigaan di atas maka saya menduga sepertinya lowongan yang saya jadikan contoh dalam artikel ini patut dicurigai. Bukan maksud saya untuk menuduh, sebab belum bisa dibuktikan bahwa lowongan kerja tersebut benar-benar palsu atau asli.

Sebagai contoh saudara saya dulu mendapatkan pekerjaan sampingan asli yang cara kerjanya cukup dengan cara copy dan paste kalimat da foto tertentu yang telah disediakan.

Dari 1 kali postingan yang sah (bisa ditelusuri sesuai laporan) maka saudara saya mendapatkan upah Rp.1000,-. Dan terbukti lowongan kerja cukip copy paste benar-benar ada. Namun tidak ada dipungut biaya aktivasi seperti yang diminta pada lowongan kerja yang saya jadikan contoh dalam artikel ini.

Sah-sah saja jika Anda ingin meyakini bahwa lowongan kerja itu asli. Hanya saja dengan kecurigaan-kecurigaan yang muncul, tentu membuat saya tidak berani mencobanya. Karena uang Rp.90.000,- terlalu banyak bagi saya jika sampai hilang.

Jika kamu punya uang jajan lebih maka silakan mencobanya dan ceritakan pengalamanmu juga.

Selengkapnya bisa kamu simak pada video berikut ini:

2 Responses to "Lowongan Kerja Palsu? Kerja cuma Copas, benarkah?"

  1. Balasan
    1. Itu lowongan kerjanya palsu gan, bukannya dapat gaji malah kita disuruh bayar 😅

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar, semoga artikel yang kami posting dapat bermanfaat bagi anda :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel