Kerjasama Palsu?


Tadinya saya  maunya tulisan ini berjudul "Kerjasama yang setara?". Namun dipikir-pikir, rasanya judul tersebut kurang greget. Selain kurang greget, sepertinya akan menarik jika judulnya dibuat sedikit klik bait seperti ini. Hal ini sekaligus juga terinspirasi setelah melihat kesuksesan dari tulisan saya yang berjudul "Lowongan kerja palsu?". Berikut selengkapnya dari tulisan ini. 

Jika Anda ingin menawarkan kerjasama, maka tawarkanlah kerja sama yang wajar saja. Kerjasama yang setara, atau kerjasama yang saling menguntungkan. Banner ya tukar banner, begitulah cara blogger-blogger dulu. Anda tidak bisa menitipkan artikel di situs punya orang disertai link menuju situs milik sendiri dan "membayar" dengan menaruh banner situs orang di kolom iklan yang ada di situs Anda. 

Tindakan itu menurut saya sebuah pelecehan, Dengan adanya Link dari artikel di situs orang ke situs Anda itu artinya situs Anda bernilai. Anda menganggap situs Anda lebih bernilai dengan menyuruh orang untuk memposting artikel disertai Hyperlink yang tertuju ke situs Anda dan sekaligus membuat situs orang seolah-olah telah membayar Anda untuk beriklan di situs Anda.

Anda tidak mau membayar, tapi Anda mau ngiklan dan malah membuat situs orang seolah-olah beriklan di situs Anda. Itu namanya Anda mau untung sendiri.

Itu namanya curang. Butuh waktu lama membangun reputasi agar sebuah situs layak menjadi referensi bagi situs lainnya. Jika Anda ingin instan maka Anda harusnya membayar jasa iklan atau setidaknya menawarkan kerjasama untuk saling beriklan. Bisa juga Anda harus membuat kompetisi tertentu dengan syarat harus mencantumkan link ke situs milik Anda.

Dan tentu orang lain boleh untuk tidak sebodoh itu dan langsung mencopy link yang menuju ke situs Anda untuk dimuat ke situsnya. Sebelum artikel di posting sudah pasti Hyperlink tersebut bisa matikan terlebih dahulu. Dan ya, rencana Anda gagal.

Anda sebenarnya tetap untung karena terlihat bahwa situs Anda telah mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tempat beriklan bagi situs orang.

Ya, inilah yang saya maksud kerjasama palsu sebab jika orang menuruti keinginan anda brarti hanya Anda yang untung.

0 Response to "Kerjasama Palsu?"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar, semoga artikel yang kami posting dapat bermanfaat bagi anda :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel