2 Investasi yang dibutuhkan Jika Ingin Serius Ngeblog

Investasinya Seorang Blogger

Ada dua investasi yang dibutuhkan seorang blogger jika ingin serius dalam mendalami serta ingin mencoba menghasilkan uang dari Ngeblog. Pertama Domain. Kedua, Hosting (jika ingin lebih expert).

Apa itu Domain?
Domain adalah alamat website. Jadi, ibarat sebuah jalan Domain adalah nama jalan serta nomor tempat lokasi jelas dimana sebuah website berada.

Cara mendapatkan Domain?
Dewasa ini ada dua pilihan cara untuk mendapatkan Domain. Pertama, Domain bisa didapatkan secara gratis ketika mendaftar ke situs penyedia web/blog gratis, misalnya Blogspot.com dan WordPress.com. kedua, Domain bisa didapatkan dengan cara membeli pada penyedia web/blog gratis. Ketiga, Domain juga bisa didapatkan dengan cara membeli pihak ketiga, sebuah perusahaan penyedia domain dan hosting. 

Apa beda Domain gratis dan Domain Berbayar?

Dengan menggunakan domain yang tersedia gratis dari penyedia web/blog gratis maka kita tidak bisa menghilangkan nama perusahaan sumber penyedia domain tersebut. Tepatnya selalu ada misalnya ...(domain anda).Blogspot.com

Dengan membeli atau tepatnya menyewa selama periode tertentu (biasanya per 6 bulan - 5 tahun sekali bayar yang bisa diperpanjang untuk periode selanjutnya). Domain tipe ini sering disamaratakan disebut dengan sebutan Top Level Domain (TLD). Padahal Domain TLD hanya salah satu jenisnya saja. Intinya adalah pada tipe domain ini kebanyakan adalah Domain berbayar. Contohnya: .Com; .Net ; .Asia dll.

Keuntungan Punya Domain Berbayar
Keuntungan dengan menyewa Domain TLD maka pertama, seorang blogger punya lebih banyak pilihan dalam menentukan nama Domain. Kedua, bisa menghilangkan nama sumber penyedia Domain gratis yang sebelumnya dipakai. Ketiga, web/blog menjadi lebih terpercaya (bermodal), Keempat, jelas jadi lebih keren karena secara umum dipandang sudah berani keluar modal uang. Kelima, trafik atau kepadatan pengunjung menjadi bertambah.

Apa itu Hosting?
Hosting adalah tempat penyimpanan sebuah website. Hosting bisa diibaratkan sebuah rumah atau toko tempat tinggal dan menjual produk. 

Cara Mendapatkan Hosting?
Sama halnya seperti Domain, kita juga bisa mendapatkan Hosting secara gratis melalui perusahaan penyedia domain dan hosting gratis. 

Bedanya pada penyedia domain dan hosting gratis blogspot.com kita tetap bisa menggunakan hosting dari mereka meskipun sudah mengganti domainya dengan domain yang berasal dari perusahaan pihak ketiga. 

Sementara itu pada penyedia domain dan hosting WordPress.com jika ingin tetap menggunakan hosting mereka maka harus membeli domain (untuk menghilangkan tanda .WordPress.com dibelakang nama blog/web kita) dari mereka. Atau juga bisa membeli domain dan hosting dari pihak ketiga dan kemudian menggunakan layanan WordPress.org yang mereka sediakan untuk membuat website pada domain dan hosting dari pihak ke tiga.

Kesimpulan
Dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa untuk menggunakan domain berbayar pada perusahaan penyedia pembuatan web/blog WordPress harus dengan cara menyewa hosting juga. Sementara, pada perusahaan penyedia domain dan hosting blogspot cukup dengan menyewa Domain saja.

Saran
Memang, tidak ada kewajiban untuk melakukan investasi tersebut. Menurut forum-forum blogger ada banyak juga blogger senior yang bisa menghasilkan uang dari blog gratis blogspot, yang tidak berinvestasi pada Domain dan hosting.

Namun, dengan berinvestasi stidaknya cukup dengan investasi Domain  maka Jelas tampilan web/blog dapat lebih dipercaya oleh para pembacanya. Setidaknya web/blog kita akan lebih menarik dan terlihat lebih keren. Selanjutnya barulah kualitas konten menjadi faktor penentu.

Jadi, jika serius ingin mendalami blog, ingin mencoba menghasilkan uang dari web/blog dan buget atau uang untuk investasi tersebut ada maka tidak ada salahnya untuk berinvestasi, setidaknya cukup berinvestasi Domain.

Itulah dua investasi yang dibutuhkan jika ingin serius mendalami dan mencoba menghasilkan uang dari web/blog

0 Response to "2 Investasi yang dibutuhkan Jika Ingin Serius Ngeblog"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar, semoga artikel yang kami posting dapat bermanfaat bagi anda :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel