Cara Ngeprint Langsung dari Smartphone tanpa Perlu Printer Wireless

Cara Ngeprint Langsung dari Smartphone Pakai Printer Kabel
Oleh:
Deka Firhansyah
Blogger di www.jelajahsumatera.net dan www.dekafirhansyah94.blogspot.com

Hai gaes, jumpa lagi dengan saya Deka dan hari ini saya akan CeritaK tentang bagaimana caranya saya bisa Ngeprint langsung dari Smartphone meski tanpa printer WIFI. CeritaK saya kali ini berkaitan dengan cara saya dalam memaksimalkan pemanfaatan teknologi dengan perangkat yang terbatas alias  #TheRealKere. Cukup dengan sebuah Smartphone.

Sebelumnya saya mohon maaf untuk kamu-kamu yang mungkin ada yang sudah mengetahui bagaimana caranya. Tulisan saya ini hanyalah sebuah cara saya dalam berbagi pengalaman saja dan menurut saya hal ini sangat mungkin berguna terkhusus untuk mereka yang belum mengetahui bagaimana caranya.

Ceritanya dirumah saya punya sebuah mesin printer namun, laptop saya rusak. Saya juga punya Sebuah Smartphone Android yang bisa digunakan untuk mengetik. Namun, nasi sudah menjadi bubur. Printer yang kami punya adalah Cannon MP287 tidak bisa terhubung tanpa kabel. Sebuah kekurangan yang amat sangat cukup disesali karena baru kini terasa. Sebuah kekurangan yang fatal. Percuma bisa 3 in 1 print, scan, dan copy dokumen jika tidak ada laptop atau komputer yang terhubung dengannya maka “katanya” tidak bisa. Skip cukup untuk sebuah cerita pembuka yang mungkin saja bisa jadi bahan pertimbangan buat kamu yang belum, baru ingin atau dimasa depan berkeinginan membeli sebuah printer. Belilah printer generasi terbaru yang sudah bisa terhubung tanpa kabel USB. Printer wireless bahasa kerennya.

Terhitung sejak layar laptop pecah pada tahun lalu, printer yang saya punya agak menganggur. Cuma digunakan untuk fotokopi KTP dan KK. Kemudian, giliran Smartphone Lumia 535 punya saya yang layarnya pecah. Ya sudahlah, belum juga uangnya cukup untuk servis laptop malah satu-satunya Smartphone andalan saya malah yang ikut rusak. Sempat terbersit pikiran untuk menjual Printer canon MP287 kami tersebut. Mumpung masih ada harganya.

Tapi bagaimana? Saya masih terlalu yakin ujian ini akan berakhir. Sempat juga timbul penyesalan, kenapa dulu tidak beli printer wireless saja? Biarkan hanya bisa print tanpa bisa lain-lain asalkan sudah pasti diketahui umum bisa digunakan Ngeprint langsung dari Smartphone. Mahal dikit tidak apa-apa, toh uangnya juga berasal dari uang negara.

Singkat cerita saya akhirnya punya rejeki lagi untuk memiliki sebuah Smartphone baru, Xiaomi Redmi 5A versi Distributor. Sudah bosan mengumpulkan uang untuk menservis atau membeli laptop seken akhirnya saya malah memilih membeli Smartphone yang cukup bisa diandalkan untuk menjadi benda subtitusi bagi laptop.

Bisa ngeprint dari Smartphone Android Tanpa Printer WiFi - pakai aplikasi PrinterShare Premium

Zaman now teknologi semakin berkembang maju pesat. Saya percaya bahwa untuk sekedar ngeprint/mencetak dokumen "seharusnya" cukup bisa dengan menggunakan Smartphone. Cerita soal Smartphone menggantikan laptop adalah cerita lama bagi saya. Dari dulu pun sebenarnya telah ditemukan cara untuk mencetak dokumen langsung dari Smartphone yang digenggam. Namun, teknologi tersebut masih sangat terlalu canggih bagi negara Indonesia. Lebih tepatnya "Mahal".

Belakangan teknologi untuk mencetak dokumen langsung dari Smartphone mulai umum. Namun masih butuh alat tambahan khusus berupa printer wireless tanpa kabel. Printer yang masih belum terlalu banyak digunakan. Harganya MAHAL. Sementara printer biasa yang masih harus disambung pakai kabel USB kata orang tidak bisa.

Hal ini membuat saya penasaran. Sejak tahun 2011 saya sudah mengenal Sistem Operasi Android. Tahun 2013 saya punya sebuah tablet PC yang sudah mendukung fitur USB OTG. Kemudian ketika saya coba sambungkan ke flashdisk menggunakan kabel USB OTG dan ternyata bisa.

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya yakin jika di tahun 2018 ini seharusnya menyambungkan sebuah Smartphone ke printer biasa menggunakan USB OTG sudah pasti akan berdampak pada kondisi dimana "Laptop akan semakin ditinggalkan".

Teknologi terus berkembang maju, teknologi lama berupa printer kabel sudah pasti akan semakin mulai ditinggalkan. Terutama jika teknologi printer tanpa kabel semakin murah. Sambungan antar perangkat gadget menggunakan kabel adalah teknologi yang sudah sangat tua. Jika sebuah Smartphone di tahun 2018 masih ada yang belum bisa disambungkan ke printer lewat kabel USB OTG maka menurut saya itu bukan Smartphone.

Sebagai referensi, saya mencari tahu soal cara Ngeprint menggunakan Smartphone dari berbagai sumber. Kemudian hasil pencarian saya akhirnya memang menunjukkan bahwa Ngeprint atau mencetak dokumen pakai Smartphone yang dihubungkan ke printer lewat kabel memang bisa. Namun, aplikasi yang digunakan adalah aplikasi yakni "PrinterShare" versi premium.

Jadi, sampai sini perlu saya jelaskan bahwa ada dua syarat agar bisa Ngeprint Langsung dari Smartphone Menggunakan Printer Kabel. Dua syarat tersebut adalah, pertama kita membutuhkan USB OTG yang bisa di beli di konter atau toko aksesoris Smartphone. Kedua kita membutuhkan sebuah aplikasi yakni aplikasi PrinterShare. Itu adalah dua syarat wajib untuk mencoba Ngeprint Langsung dari Smartphone menggunakan printer kabel. Namun tidak cukup dengan ke dua syarat tersebut. Ada lagi syarat tambahan untuk Ngeprint dokumen sungguhan kita tetap perlu membutuhkan aplikasi PrinterShare versi premium. Aplikasi PrinterShare versi premium sayangnya adalah aplikasi berbayar. Untuk itu silakan dicari sendiri bagaimana caranya mendapatkan aplikasi PrinterShare versi premium 5anpa membayar. Namun, ingat resiko ditanggung sendiri.

Lalu bagaimana cara menggunakannya?
Ada dua cara untuk mencetak dokumen menggunakan aplikasi PrinterShare. Pertama langsung dari aplikasi tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:
1. Buka aplikasi PrinterShare
2. Pilih dokumen
3. Pilih dokumen apa yang ingin dicetak
4. Kemudian akan tampil halaman print preview.
5. Secara default ukuran kertas A4. Pilih Print.
6. Kemudian muncul beberapa pilihan koneksi ke printer. Karena disini kita menggunakan printer yang harus disambungkan dengan kabel maka Pilih "Direct USB connected”.
7. Sambungkan USB OTG ke Smartphone dan hubungkan ke kabel USB printer.
8. Pilih Ok.
9. Kemudian pilih "scan for printers" sampai muncul gambar sebagai berikut:
10. Pilih pada tulisan nama printer yang terdeteksi
11. Kemudian akan muncul kembali halaman print preview seperti berikut:
12. Pilih "Print"
13. Tunggu sampai proses print selesai

*Cara tersebut diatas hanya bisa digunakan untuk Ngeprint dokumen yang berjumlah 1 halaman.

Selesai?

Belum, masih ada satu cara lagi untuk Ngeprint dokumen menggunakan Smartphone lewat sambungan USB OTG.

Buruan!!!!

Sabar dong, sebelumnya saya jelaskan cara ini juga masih menggunakan aplikasi "PrinterShare".
"Loh, tadi kan gak bisa?"
Bisa, namun ada sedikit perbedaan pada langkah-langkahnya saja.
1. Buka aplikasi "Word" pada Smartphone

2. Pilih dan buka dokumen yang ingin diprint atau dicetak

3. Masuk ke bagian menu,

4. Pilih cetak,

5. Kemudian akan muncul halaman Menyiapkan file untuk dicetak

6. Setelah itu akan muncul halaman pengaturan pemilihan printer, ukuran kertas dll

7. Pilih printer yang ingin digunakan

8. Pilih “tambah printer” untuk mendeteksi atau  menambahkan printer baru

9. Pastikan kabel USB dari printer telah tersambung ke Smartphone melalui kabel atau konektor OTG.

10. Pilih menu seperti pada gambar untuk menentukan ukuran kerta yang akan dipakai.

11. Scroll untuk memilih ukuran kertas yang diinginkan

12. Kemudian akan muncul halaman print preview yang sedikit berbeda dibanding cara sebelumnya yakni terdapat preview keseluruhan halaman dokumen

13. Klik tanda centang untuk memilih halaman apa saja yang ingin dicetak

14. Klik Print untuk mencetak

15. Akan muncul menu print option

16. Klik oke untuk Langsung Ngeprint

17. Pilih menu copies jika ingin hasil ngeprint dokumen menjadi beberapa rangkap.

18. Tunggu

19. Akan Muncul menu persetujuan untuk mengizinkan aplikasi PrinterShare mengakses perangkat USB

20. Pilih oke untuk mengizinkan atau batal untuk membatalkan proses Print

21. Proses Print sedang berjalan

22. Tunggu proses Print hingga mencapai 100%

Begitulah cara Ngeprint Langsung dari Smartphone Android tanpa menggunakan Printer wireless. Buat yang masih bingung silakan dibaca panduan lengkapnya yang disertai gambar di blog ini StoryAboutGadget.Blogspot.com atau bisa kamu bisa juga menontonnya di Channel YouTube saya disini Channel YouTube Deka Firhansyah .

0 Response to "Cara Ngeprint Langsung dari Smartphone tanpa Perlu Printer Wireless"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar, semoga artikel yang kami posting dapat bermanfaat bagi anda :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel