Jangan melupakan sejarah. Tanpa Amien Rais Reformasi tidak pernah terjadi. Bagaimana menurut Anda?


Seseorang membuat postingan status Facebook "Jangan melupakan sejarah. Tanpa Amien Rais Reformasi tidak pernah terjadi"

Kemudian dalam kolom komen beliau menambahkan balasan atas komentar seorang lainnya, menurutnya "anak-anak muda banyak tidak tahu, dan yang senior ada yang lupa ingatan hehehe"

Kemudian menambahkan balasan atas komentar yang lain lagi  "Penggerak reformasi adalah Amin, tanpa beliau reformasi tidak pernah terjadi dan beliau sudah berkorban jiwa raga bahkan pertama kesempatan jadi presiden tidak direbutnya demi Indonesia".

Seseorang yang menyampaikan status tersebut adalah salah seorang guru saya sehingga saya tidak berani berkomentar banyak karena benar menurut beliau, "saya hanya bagian dari anak-anak muda yang tidak tahu".

Meskipun begitu dalam ketidaktahuan ini saya tetap ingin ikut menulis kan bagaimana pendapat saya, sebab rasanya ada yang tidak pas di hati saya.

Seperti kata guru saya "Jangan melupakan sejarah. Tanpa Amien Rais Reformasi tidak pernah terjadi". Pendapat tersebut menurut saya terlalu bersifat hiperbola atau berlebihan atau terlihat melebih-lebihkan. Sehebat itukah sosok Tokoh Nasional bernama Amien Rais.

Sekadar opini liar dari saya, mohon maaf apabila saya salah. Jika reformasi tidak terjadi tanpa Amien Rais berarti beliau juga turut bertanggung jawab atas kerusuhan 98 dong? Karena reformasi terjadi setelah kerusuhan 98. Tanpa kerusuhan 98 peristiwa reformasi belum tentu terjadi, itulah setahu saya berdasarkan catatan sejarah. Siapakah dalang dibalik kerusuhan 98? Entahlah. Yang pastinya peristiwa itu memuluskan langkah Reformasi karena mampu menarik simpati rakyat.

Atau jika tidak, berarti terima saja bahwa reformasi tetap akan terjadi meski tanpa beliau. Mungkin istilah penyebutanya juga berbeda menjadi Revolusi atau Kudeta.

Saat ini tidak perlulah bagi bangsa Indonesia untuk saling mengedepankan siapa yang paling berjasa atas reformasi.

Satu hal yang paling jelas dan tidak boleh dibantah, Reformasi terjadi berkat sang Maha Pencipta menghendakinya terjadi.

Tokoh Amien Rais dkk hanyalah perantara saja. Selain tokoh-tokoh penggerak reformasi, adapula jasa para mahasiswa yang bila mereka tidak ikut bergerak, berani  melawan penguasa maka apalah artinya para tokoh seperti Amien Rais dkk yang hanya segelintir orang saja. Tanpa ada dukungan massa mereka tentu tidak akan berdaya.

Sudahlah tidak perlu meributkan soal siapa yang paling berjasa dalam peristiwa Reformasi. Lebih baik kita banyak-banyak berbuat sesuatu hal yang positif demi Indonesia. Beliau masih hidup dan Alhamdulillah masih sehat walafiat.

Yang saya ingat tentang Amien Rais pasca Reformasi tidak luput dari berita miring. Seingat saya Beliau terkait namanya yang diduga menerima aliran uang haram dari Sutrisno Bachir.

Beliau yang tidak bertanya curiga apalagi mengembalikan sejumlah besar uang yang ditransfer seseorang ke rekening pribadinya. Menurut saya beliau tidak pantas dibela terlepas dari sebarapa penting dia dalam catatan sejarah. Agaknya sulit diterima akal jika ada orang yang ikhlas tanpa pamrih atau ingat nalas jasa untuk mentransfer uang pribadi sebanyak itu. Jadi, agak aneh jika beliau tidak bertanya dan menerima saja pemberian uang sebanyak itu.

Terlepas dari uang itu digunakan untuk keperluan yang halal dan diberikan secara ikhlas tanpa menyebutkan asalnya tapi secara logika rasanya hampir pasti uang tersebut pernah tercampur dengan uang haram setidaknya pernah dimiliki orang yang memiliki sumber pemasukan haram meski berbeda rekening.

Menurut Amien Rais, Beliau hanya menerimanya begitu saja tanpa bertanya asalnya darimana. ???.

Bagaimana menurut anda?

0 Response to "Jangan melupakan sejarah. Tanpa Amien Rais Reformasi tidak pernah terjadi. Bagaimana menurut Anda?"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar, semoga artikel yang kami posting dapat bermanfaat bagi anda :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel