Cara Meningkatkan Kualitas Tulisan di Tahun 2018, rajin kirim tulisan ke media massa

Selamat datang di blog nya Deka dalam postingan ini saya ingin berbagi  tips bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Tulisan di Tahun 2018. Bagaimana caranya, yuk baca tulisan ini sampai habis!!!

Tanpa bermaksud menggurui, disini saya hanya ingin berbagi sedikit pengalaman yang saya punya sehingga sekarang bisa menulis selancar ini dan hingga beberapa tulisan saya bisa diterima untuk dimuat media massa. Tips ini hanya berlaku buat kamu yang masih pemula dalam dunia tulis menulis.

Menulis adalah kegiatan yang susah-susah gampang. Gampang karena tentu sejak SD kita sudah belajar menulis. Susah karena tidak semua orang percaya  diri dengan hasil tulisannya. Tidak percaya diri sehingga aktivitas menulis hanya lewat saja hanya untuk sekedar mengisi tugas atau PR di sekolah.

Menulis adalah sesuatu yang harus dibiasakan. Ketika kamu sudah biasa menulis maka menulis akan menjadi sesuatu yang mudah dan menyenangkan. Semakin terbiasa dalam menulis, maka kualitas tulisan kita akan semakin meningkat.

Peningkatan kualitas tulisan bisa terjadi karena seringnya kita dalam menulis membuat otak kita menjadi semakin terasah dalam mengolah kata-kata untuk dirangkai menjadi sebuah tulisan. Cara Meningkatkan Kualitas Tulisan identik dengan aktivitas dalam berlatih menulis karena menulis harus dilatih bukan hanya dipelajari. Semakin sering menulis maka kualitas tulisan akan semakin baik.

Jadi, Cara Meningkatkan Kualitas Tulisan adalah dengan rajin-rajin berlatih menulis.

Cukup berbasa-basinya, yuk disimak tips Cara Meningkatkan Kualitas Tulisan di Tahun 2018 ala Deka berikut ini.


1. Rajin Mencatat Aktivitas Harian


Mulailah secara perlahan-lahan dari hanya sekedar catatan aktivitasmu sehari-hari. Lama kelamaan kepekaanmu terhadap situasi atau fenomena yang terjadi dimasyarakat akan tumbuh dan memicu munculnya ide untuk membuat tulisan di luar aktivitas sehari-hari kamu.

2. Rajin Berbagi Tulisan Kepada Teman-teman

Ketika kamu terbiasa menulis maka hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mempublikasikan tulisanmu kepada orang lain.

Tahun 2018 perkembangan teknologi komunikasi  terus berkembang dengan pesatnya. Sekarang kamu tidak perlu keluar dari rumah untuk mempublikasikan tulisanmu kepada teman-teman.

Gunakanlah medi sosial milikmu sebagai tempat untuk membagikan tulisan-tulisan yang telah kamu buat.

Komentar-komentar dari teman-teman di media sosial dapat membantumu dalam meningkatkan kualitas tulisanmu.

Selain media sosial kamu juga bisa membuat blog pribadi sebagai tempat menyimpan tulisan-tulisan hasil karyamu.

Semakin sering menulis akan membuatmu semakin percaya diri. Jika sudah cukup percaya diri maka selanjutnya mulailah mengirimkan hasil karya tulismu ke media massa.

3. Rajin Kirim Tulisan Kepada Media Massa

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kualitas tulisan adalah dengan mengirimkan tulisan kepada media massa. Dengan begitu tulisanmu akan berkesempatan untuk dibaca tim redaksi media massa secara profesional.

Anda bisa kirim tulisan berupa keluhan soal pelayanan publik, fenomena, masalah sosial, politik, ekonomi, budaya dan agama, serta bisa juga berupa karya sastra, puisi, cerpen, cerbung dll.

Beberapa media massa biasanya juga ada menyajikan sebuah tema khusus untuk kemudian meminta pembacanya membuat tulisan yang membahas seputar tema tersebut. Saya contohkan media indonesia. Setiap senin harian media indonesia memberikan tema untuk ditulis pembacanya. Tema tersebut bisa kita manfaatkan untuk berlatih menulis.

Media indonesia merupakan media massa yang terbit secara nasional tentu ada kemungkinan yang kirim tulisan banyak. Saya sendiri merasa beruntung karena tulisan saya langsung terbit keesokan hari setelah kirim.

Selain itu sebagai catatan sepertinya tulisan berupa keluhan soal pelayanan publik memiliki peluang lebih besar untuk diterbitkan. Daripada mengomel tidak jelas kan lebih baik tulis saja dan kirim ke media massa syukur-syukur dibayar atas tulisan itu hehehe.

Tentu ada banyak media massa lain yang terbuka untuk menerima hasil karya tulisan pembacanya. Saya hanya mencontohkan Harian Media Indonesia sebagai salah satunya saja. Saya tidak terafiliasi dengan Harian Media Indonesia hanya saja secara tulisan saya sudah pernah terbit disana jadi saya tahu persis sesuai pengalaman saya.

Setahu saya media lainnya seperti Harian Kompas dan Sindo juga memiliki ruang yang sama (tema tulisan untuk dibahas oleh pembaca) sebagai tempat untuk menampung karya-karya pembacanya yang ingin mengirimkan tulisan.

Cukup kirim tulisan mu via email dan silakan menunggu. Jika beruntung kamu akan dihubungi oleh tim redaksi media massa bahwa tulisanmu akan diterbitkan. Atau kamu juga bisa langganan media tersebut untuk memantau tulisanmu. 

Setiap tulisan yang masuk akan dibaca dan diseleksi oleh tim redaksi media massa tersebut. Hanya tulisan-tulisan yang dianggap layak yang akan diterbitkan. Jika tulisanmu berhasil terbit itu artinya selamat, kualitas tulisanmu telah meningkat.

Jika tulisanmu cukup berkualitas kamu bahkan berkesempatan memperoleh penghasilan dari hanya menulis tanpa perlu keluar dari rumah. Media tingkat provinsi dan nasional tidak ragu memberikan honor berupa uang uang dan bingkisan atas setiap tulisan yang telah mereka terbitkan.

Tidak semua media memberikan kabar terkait akan diterbitkan atau tidaknya tulisanmu. Untuk media massa berupa koran setahu saya hanya Kompas dan Media Indonesia (untuk pertama kali terbit) yang memberikan informasi terkait tulisan yang saya kirimkan. Selain itu media online mojok.co.

Selain itu tergantung redaktur nya, jika kamu telah dikenal ada kemungkinan kamu mendapat kabar soal tulisanmu dimuat. Untuk  koran Tribun Sumsel sejauh ini saya mendapat kabar, tapi saudara saya pernah juga tidak mendapatkan kabar bahwa tulisannya terbit.

Itulah sedikit tips dari saya tentang bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Tulisan di tahun 2018. Sampai saat ini cara-cara tersebut masih saya pakai untuk terus berlatih dalam meningkatkan kualitas tulisan saya.

Salam Literasi &
Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Meningkatkan Kualitas Tulisan di Tahun 2018, rajin kirim tulisan ke media massa"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar, semoga artikel yang kami posting dapat bermanfaat bagi anda :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Support!!!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua

Dukung Blog CeritaK ini agar selalu update dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel-artikel yang kalian baca.

Anda juga bisa memberikan donasi melalui pulsa ke 08982368506. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk mengembangkan konten blog CeritaK.

Kunjungi juga Blog Deka yang lainnya berikut ini:
JelajahSumatera.com
StoryAboutGadget.com

Buat interaksi dan mengenal Deka secara lebih personal silakan follow juga akun sosmed Deka di:
Facebook:
Https://facebook.com/deka.firhansyah
Fanpage:
CeritaK
Instagram:
@dekafirhansyah94
Channel YouTube:
CeritaK - Deka "K"Firhansyah
Email:
firhansyahdeka@gmail.com

Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.