Cara Melawan Hoax di tahun 2018 ala Deka

Hoax telah menjadi tantangan utama atas kebhinekaan Indonesia. Keutuhan NKRI bisa jadi rusak hanya karena informasi atau berita bohong  alias hoax. Demi menjaga keutuhan negara  kita maka kita harus melawan hoax. Lalu Bagaimana Cara Melawan Hoax? 

Perlu disadari peluang terjadinya Hoax adalah saat dimana informasi yang asli tidak segera atau terlambat dimuat oleh lembaga yang berwenang. Kesan bahwa ada upaya menutupi kejadian sebenarnya membuat orang mencoba menganalisis sendiri. Ketika orang membutuhkan informasi namun kemudian informasi tersebut tidak bisa diperoleh (setidaknya secara mudah) maka jangan salahkan jika orang tersebut punya opini atau kesimpulan sendiri. Kesimpulan yang bisa jadi berbeda dari fakta sebenarnya yang terjadi.

Ketika seseorang bertanya tentang bagaimana pendapat orang lain atas sebuah persoalan dan tidak ada jawaban, maka jangan pula menyalahkan dia jika opininya salah, sebab mungkin hanya sebatas itulah yang dia tahu dan dia ingin orang lain juga mengetahuinya atau bahkan memberikan tanggapan atas pendapatnya itu.

Jadi bagaimana cara melawan hoax? Yakni dengan menyebarkan informasi sebenar-benarnya, seluas-luasnya.Masalah barunya adalah apa benar tenaga yang direkrut adalah ahliya? Jika memang ahli kok bisa ya kalah dari mereka? Mengapa tidak berdayakan mereka saja? Jangan biarkan keahlian mereka hanya merusak sistem informasi kita.

0 Response to "Cara Melawan Hoax di tahun 2018 ala Deka"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar, semoga artikel yang kami posting dapat bermanfaat bagi anda :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel