Bermain Wordpress Self Hosting ternyata gak mudah: cara mengatasi Kolom komentar hilang

imagesYup sesuai judulnya dalam postingan saya yang satu ini saya akan membahas tentang kesulitan saya dalam menggunakan Wordpress Self Hosting. Yuk simak selengkapnya...


Saya awali tulisan ini dengan cerita pengalaman saya ketika kemarin tepatnya tanggal 22 November 2016 menuliskan sebuah tulisan berjudul Ultah Teman Deka Part 2 tulisan tersebut awalnya saya tuliskan di page disinilah awal mula letak kesalahannya. Ceritanya saya lupa, ketika itu halaman dashboard wordpress saya memang dalam kondisi terbuka karena belum saya tutup dari browser. Masalahnya seingat saya risayat terakhir saya adalah halaman post. Jadi ketika saya akan menuliskan postingan tentang Ulang Tahun Teman Deka Part 2 tersebut saya langsung saja memasukkan foto-foto untuk kemudian saya tambahkan tulisan-tulisan di bawah masing-masing foto-foto tersebut. Setelah tulisan jadi saya kembali scrolling ke atas untuk menuliskan judul, dan saya baru sadar kalau halaman yang saya buka adalah page bukan post. Saya mencoba memperbaiki kesalahan saya dengan mengcopy tulisan saya tersebut ke halaman post. Dikarenakan foto-yang tadi telah saya masukkan tidak ikut tercopy maka terpaksa saya mengulangi langkah posting dari awal lagi mulai dari memasukan foto-foto yang tadi satu per satu. Kemudian setelah foto tersusun saya copy kemudian paste lagi tulisan-tulisan saya tadi satu persatu di bawah masing-masing foto. Kemudian postingan tersebut saya posting dan saya bagikan ke facebook saya dan saya tag kepada teman saya yang berulang tahun.


Teman saya tersebut tidak memberikan komentar pada halaman postingan saya melainkan pada kolom komen di facebook. Kemudian saya membuka halaman posting saya tersebut dan baru saya sadari ada yang salah. Saya memutuskan untuk melakukan revisi beberapa kali dan telah saya update sampai saya menyadari ada yang salah, Apa salahnya? Kesalahan saya terdapat pada halaman coment yang hilang entah kemana. Saya kembali ke dashboard dan seharusnya halaman coment sudah aktif karena memang tidak pernah saya ubah settingannya, saya pasrah untuk hal ini. Kemudian saya kembali menyadari bahwa revisi-revisi yang sebelumnya telah saya lakukan tidak muncul ketika saya membuka halaman posting atau dengan kata lain tampilannya sama persis dengan saat sebelum direvisi hal ini terjadi saat saya buka website saya via hp atau versi mobile, dan tidak terjadi ketika saya buka melalui laptop kesayangan saya.


Sampai hari ini saya cari solusi kedua masalah tersebut. Saya sempat berpikir untuk menggunakan facebook comments plugin dan menyisakan masalah baru, halaman facebook comments hanya muncul di home dan eksperimen terakhir saya akhirnya berhasil. Eksperimen tersebut adalah dengan menghapus page yang sebelumnya, oh iya saya baru ingat bahwa ternyata ketika saya copy tulisan saya dari halaman page ke halaman posting saya lupa bahwa tulisan saya pada halaman page belum saya hapus dan ternyata itu memberikan pengaruh pada halaman posting yang serupa.


Yup, kesimpulannya ternyata Wordpress Self Hosting gak semudah seperti yang saya kira. Banyak hal yang perlu di eksplore kalau mau menghasilkan sebuah website yang profesional menggunakan platform wordpress. Hal paling utama yang harus di ingat jika merenungi cerita saya ini adalah "ingat post dan page adalah dua hal yang berbeda" meskipun page tidak otomatis muncul di halaman website tapi page adalah bagian yang memberikan pengaruh terhadap sebuah website secara keseluruhan. Kemudian hal kedua yang dapat saya ambil pelajaran dari pengalaman ini adalah kita harus memilih sebuah tulisan yang kita buat itu di post atau di page karena apabila sama dan keduanya sama-sama dipublish maka akan muncul masalah seperti punya saya.


Oke, itulah pengalaman saya, dan pengenalan saya terhadap salah satu platform website paling populer di dunia yakni wordpress semoga pengalam saya ini tidak terjadi kepada anda. Sukses untuk anda...


 

0 Response to "Bermain Wordpress Self Hosting ternyata gak mudah: cara mengatasi Kolom komentar hilang"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar ya:D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Support!!!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua

Dukung Blog CeritaK ini agar selalu update dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel-artikel yang kalian baca.

Anda juga bisa memberikan donasi melalui pulsa ke 08982368506. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk mengembangkan konten blog CeritaK.

Kunjungi juga Blog Deka yang lainnya berikut ini:
JelajahSumatera.com
StoryAboutGadget.com

Buat interaksi dan mengenal Deka secara lebih personal silakan follow juga akun sosmed Deka di:
Facebook:
Https://facebook.com/deka.firhansyah
Fanpage:
CeritaK
Instagram:
@dekafirhansyah94
Channel YouTube:
CeritaK - Deka "K"Firhansyah
Email:
firhansyahdeka@gmail.com

Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.