Pemuda Pasca Sumpah Pemuda

Ilustrasi peristiwa Sumpah Pemuda
Hai semuanya, dengan Deka disini. sebelumnya kalian ingat gak kalau setiap tanggal 28 Oktober kita (bangsa Indonesia) memperingati hari "Sumpah Pemuda"? ingat? yup kalau yang punya kalender atau sering lihat kalender, baca koran, nonton Tv apalagi main sosmed pasti "terpaksa" ingat dong. Penulis sengaja menggunakan kata terpaksa karena memang menurut penulis media-media yang penulis sebutkan barusan yang lebih berperan dalam mengingatkan kita bahwa tanggal 28 Oktober ini "Hari Sumpah Pemuda" gimana kalau salah? bisa rusaklah catatan sejarah indonesia hahaha.

Setiap adanya hari besar maka traffik akan menjadi meningkat karena itu kata-kata "Sumpah Pemuda" menjadi kata-kata yang setiap hari sumpah pemuda menjadi sangat viral di seluruh penjuru Indonesia dan ini memberi peluang bagi pelaku internet seperti penulis untuk turut menghadirkan hal-hal berhubungan dengan sumpah pemuda. Agar bisa ikutan dapat tambahan viewer dari kata kunci sumpah pemuda maka penulis coba-coba peruntungan untuk ikutan menulis artikel tentang sumpah pemuda, itung-itung sambil mengingat betapa pentingnya peristiwa sumpah pemuda bagi bangsa Indonesia.

biar gak salah kasih informasi penulis sengaja nih cari-cari di google sebelumya buat bahan penulisan artikel ini karena saking takutnya salah. Jadi sebelum kita bahas tentang sumpah pemuda penulis mau ngucapin makasih Google!!! karena udah menyimpan dan menyediakan banyak informasi tentang sumpah pemuda.

Mungkin banyak dari kita yang  hanya ingat bahwa hari ini adalah hari sumpah pemuda karena di kalender sudah dituliskan demikian hahahah. penulis sebenarnya juga gak tau pasti kapan dan dimana peristiwa sumpah pemuda terjadi. Bukan hanya karena saat peristiwa tersebut terjadi penulis belum lahir tapi juga karena emang yang kita tahu hanyalah dari catatan sejarah. hasil cari penulis di google dan ingat-ingat pelajaran di sekolah dulu kurang lebih seperti yang penulis tuliskan dibawah ini.

Sumpah Pemuda merupakan hasil Kongres Pemuda Kedua yang dirumuskan pada tanggal 28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Peristiwa ini menjadi salah satu tonggak paling penting dalam sejarah pergerakan nasional bangsa Indonesia. Berikut ini isi lengkap teks naskah Sumpah Pemuda.

Kongres Pemuda Kedua merupakan kelanjutan kongres pertama yang dilangsungkan pada 30 April-2 Mei 1926. Kongres ini melibatkan wakil seluruh organisasi pemuda di Hindia Belanda (Indonesia) saat itu, seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dan lainnya.

Kongres Pemuda II, yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 dipimpin oleh pemuda Soegondo Djojopoespito dari PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia), menghasilkan keputusan penting yang disebut sebagai Sumpah Pemuda. Selain itu pada kongres tersebut Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman juga ditetapkan sebagai lagu kebangsaan.

Adapun isi teks naskah Sumpah Pemuda yang benar adalah sebagai berikut:


Pertama: 
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia
Kedoea: 
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia
Ketiga: 
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia

Sedangkan isi teks naskah Sumpah Pemuda yang ditulis dengan ejaan baru Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:


Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Pemuda adalah golongan memberikan nafas baru pagi perkembangan bangsa. Generasi penerus Bangsa yang bergelora, berani dan gagah. Pemudalah lah yang mengetuk pintu hati golongan tua yang telah lama terkurung dalam genggaman bangsa asing penjajah, yang dengan entengnya merendahkan harkat martabat bangsa. bila kita menilik sejarah perjuangan bangsa di era penjajahan kita tidak dapat lepas dari ingatan betapat besarnya pengaruh dari kongres pemuda yang melahirkan "Sumpah Pemuda" pada 28 Oktober 1928 yang kemudian membakar semangat para pemuda di Indonesia untuk menyatukan tekat "Merdeka Lepas dari Penjajahan"

Nah setelah puluhan tahun Indonesia merdeka yuk kita lihat bagaimana Poret Pemuda Masa Kini lewat beberapa foto berikut ini:
Tiap Jalan-jalan gak lupa foto-foto



Nongkrong Siang

Nongkrong Malam/kemah

Rebutan Selfi/Wefie Sama Artis 
with  mas Indra Prasta vokalisnya The Rain
Main Gaplek

Yup itulah sedikit potret pemuda yang dapat penulis tampilkan. Penulis meyakini masih banyak potret-potret lain dari tingkah laku pemuda diluar sana pasca sumpah pemuda. sebelum meninggalakan website saya yuk tinggalkan komentarmu biar penulis tetap semangat hahaha. Terima Kasih.










0 Response to "Pemuda Pasca Sumpah Pemuda"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar, semoga artikel yang kami posting dapat bermanfaat bagi anda :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Support!!!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua

Dukung Blog CeritaK ini agar selalu update dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel-artikel yang kalian baca.

Anda juga bisa memberikan donasi melalui pulsa ke 08982368506. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk mengembangkan konten blog CeritaK.

Kunjungi juga Blog Deka yang lainnya berikut ini:
JelajahSumatera.com
StoryAboutGadget.com

Buat interaksi dan mengenal Deka secara lebih personal silakan follow juga akun sosmed Deka di:
Facebook:
Https://facebook.com/deka.firhansyah
Fanpage:
CeritaK
Instagram:
@dekafirhansyah94
Channel YouTube:
CeritaK - Deka "K"Firhansyah
Email:
firhansyahdeka@gmail.com

Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.