3 TAHUN NGEBLOG TANPA DAPAT APA-APA

Biar begitupun akan terus berlanjut


     Hai jumpa lagi dengan saya Deka, hari ini saya ingin sedikit menceritakan suka dan duka saya sejak menjadi seorang blogger. Sudah banyak saya baca cerita di google terkait para blogger yang sudah sukses dalam menggeluti dunia blogging secara profesional atau istilahnya Fulltime Blogger. Mereka dengan bangga menjadikan Fulltime Blogger sebagai pekerjaan tetapnya. Kebanggaan mereka wajar mengingat kegiatan ngeblog (mengelola blog) memang sangat menjanjikan buat mereka yang sudah menguasai ilmu mencari uang dari ngeblog, ilmu internet marketer pro. Beberapa blogger terkenal yang tidak pelit dan mau membagikan ilmunya macam Blogdollar.com, AndrieZone.com, dan SUGENG.ID merupakan contoh kecil dari Fulltime Blogger yang telah sukses mendulang uang dari internet. Sadar akan potensi besar uang yang bisa di hasilkan dari internet saya pun mulai serius dalam mendalami Dunia Blogging.
     Tahun 2013 saya mulai kembali membuat blog yakni blog yang sedang teman-teman baca ini yakni Catatan Deka isinya antara lain catatan materi kuliah seperti artikel saya yang berjudul Perbedaan Pemimpin Formal dan Pemimpin Informal dan curahan hati yang bahkan beberapa tidak diungkapkan pada siapapun. Sama halnya dengan Facebook blog awalnya saya jadikan wadah bagi saya untuk mencurahkan segalanya mulai dari ya itu tadi catatan kuliah, tempat menyimpan hal-hal yang menurut saya menarik untuk dibaca berulang-ulang dan tempat saya berkeluh-kesah dalam menghadapi permasalahan hidup selain kepada Yang Maha Esa tentunya.
     Sebelumnya saya ingin kembali flash back kebelakang ketika pertama kalinya saya mengenal blog. Blog pertama saya, saya buat di Wordpress.com salah satu situs penyedia blog/website  domain (nama blog/website) dan hosting (tempat penyimpanan data blog/website) gratis dimana blog pertama saya tersebut, saya kasih domain www.dekafirhansyah.wordpress.com. sebagai konsekuensi atas penggunaan domain dan hosting gratis maka kita idak bisa menghilangkan nama penyedianya. Bersama dengan Blogspot.com, Wordpress.com adalah dua situs penyedia domain dan hosting gratis yang sangat populer di dunia. Dengan tujuan membandingkan keduanya saya dan saudara kembar saya pun masing-masing juga membuat blog di Blogspot.com yang punya saya, lagi-lagi saya kasih domain sesuai dengan nama saya yakni www.dekafirhansyah.blogspot.com.
     Waktu pertama bikin blog saya masih duduk di kelas XI SMA tepatnya 2011 kebanyakan artikel yang saya posting di blog saya pada saat itu adalah hasil copas dari berbagai sumber yang saya kumpulkan di blog milik saya. Aktifitas ngeblog saya tergolong angin-anginan atau tidak menentu dan hanya dilakukan ketika saya ingin melakukannya. saat itu saya belum paham apa itu SEO tapi yang saya pahami adalah kalau blog saya bisa dikunjungi banyak orang maka blog saya bisa menghasilkan pundi-pundi dolar lewat fasilitas google adsense di blogspot.com.
     Kondisi views (orang yang melihat blog kita) yang masih sedikit (sepi pengunjung), perasaan malas yang sering muncul ditambah akses internet yang masih merupakan barang mahal bagi saya dan juga ketidaktahuan saya untuk nulis apa (gak punya ide) selalu menjadi alasan saya sehingga jarang ngeblog alasan lainnya karena ngeblog menurut sebagian besar orang merupakan kegiatan yang hanya buang-buang waktu alias tidak ada untungnya. Kalau melihat kondisi saya yang sejak awal ngeblog hanya gitu-gitu saja mentok 1000an pageviews tanpa menghasilkan uang sepeserpun karena belum diterima adsense bisa jadi pendapat orang-orang tadi benar. 
     Kembali ke Tahun 2013 saya kembali aktif ngeblog, kali ini saya sudah berstatus mahasiswa. Saat itu saya mulai memposting hal-hal yang serius seperti materi-materi kuliah dan tugas-tugas kuliah. Oh iya sampai lupa saya kuliah jurusan Ilmu Administrasi Negara sejak 2012-sekarang belum lulus doain ya segera lulus. Ketika itu blog saya yang aktif adalah yang berdomain www.dekafirhansyah.wordpress.com. Saya memilih wordpress.com karena menurut saya ketika itu mudah penggunaannya. Blog wordpress aktif sampai suatu ketika saya lupa passwordnya mungkin efek jarangnya saya ngepos.
     Saya ketagihan download film sejak 2011 dan makin menjadi saat kuliah berkat akses fasilitas internet gratis yang lumayan kencang di kampus. Kalau diingat seharusnya akses internet tersebut seharusnya digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat sedangkan ngeblog hanya buang-buang waktu tanpa hasil yang bisa langsung dinikmati saat itu juga. Sedangkan Film yang saya download bisa segera ditonton untuk hiburan di kosan saya yang tidak punya TV. yup itu tadi hanyalah alasan buat membenarkan aktifitas saya yang saya sadari kurang produktif. Satu hal yang pasti rasanya malas sekali buat nulis, tugas-tugas pun kebanyakan hanya dibuat seadanya saja (efek prustasi bikin tugas bagus-bagus dapat nilai gak lebih dari B) sehingga saya tidak pede untuk mempublikasikannya.
     Masih di tahun 2013 saya tiba-tiba ingin kembali aktif ngeblog namun saat itu saya kehilangan akses atas blog saya www.dekafirhansyah.wordpress.com. Entah mengapa ketika saya hendak login username dan pasword yang saya masukkan selalu salah (lupa pasword). Dikarenakan lupa password saya kemudian membuat blog baru yaitu blog ini karena saya juga telah lebih dulu kehilangan akses atas blog saya yang berdomain www.dekafirhansyah.blogspot.com saya kemudian memutuskan untuk fokus mengurusi blog saya yang di wordpress.com namun pada akhirnya saya juga kehilangannya selama beberapa bulan. maka dari itu blog ini saya kasih domain www.dekafirhansyah94.blogspot.com.
     Duduk di depan komputer/laptop sambil menulis artikel seperti saat saya menulis artikel ini benar-benar melelahkan dan menyita pikiran sehingga aktifitas lain jadi terabaikan sehingga tidak sadar bahwa downloadan gagal dan baru nyadar ketika jam menunjukkan pukul 15:30 sore, itu adalah waktunya menyudahi aktifitas di NETCENTER (warnet gratis di kampus saya) tanpa hasil karena downloatan juga gagal. Satu yang pasti bahwa ternyata menulis itu melelahkan, baik jemari, mata dan pikiran pun jadi lelah hanya untuk menulis sebuah artikel. Mungkin karena saya saja yang belum paham betul ilmu dalam menulis. Saya akui banyak dari postingan di blog ini yang merupakan tulisan asal jadi yang sebenarnya tidak layak posting. Bukan hanya karena tidak mempertimbangkan SEO tapi benar-benar seperti ada momen kemudian tulis dan posting tanpa adanya proses editing. Sedikit catatan 2013-2014 saya posting blog ini via aplikasi blogger di tablet dan hape android sehingga benar-benar hanya catat dan posting. karena itulah blog ini kemudian saya beri judul catatan deka.
     Sampai saat ini saya masih saja belum bisa untuk aktif posting artikel setiap hari ya seperti yang sebelumnya saya tulis bahwa menulis itu melelahkan. Namun meskipun melelahkan saya masih saja ingin terus menulis dan mengisi blog kesayangan saya ini. Saya merasa perlu untuk menyalurkan pemikiran-pemikiran saya ini kedalam sebuah tulisan meskipun tulisan saya itu jelek dan bisa jadi tidak bermanfaat bagi orang lain. perlahan saya berusaha agar minimal setiap bulannya ada satu tulisan baru yang nongol di blog saya ini. Saya mulai mencari-cari tips-tips dalam membuat tulisan seperti salah satunya yang pernah di buat oleh Mas Andrie dari Andriezone.com. Satu tulisan saja dalam satu bulan sudah bisa membuat saya bersyukur mengingat saya tidak selalu punya uang untuk beli Kuota internet dan kalaupun terbeli bisanya sayang digunakan untuk ngeblog karena ngeblog itu boros kuota dan lagi-lagi gak ada hasil apa-apa.
     Sebenarnya saya sudah berusaha agar blog ini bisa menghasilkan uang yakni dengan menjual produk-produk affiliate dan saya juga pernah mencoba beberapa penyedia iklan PPC yang sayangnya hingga saat ini belum bisa menghasilan uang. Meskipun kata orang gak dapat apa-apa dari ngeblog saya selalu mengambil dari sisi positifnya bahwa ngeblog telah menjadi bagian dari hobi yang ingin terus saya jalani meskipun gak ada hasilnya.
     Menurut saya tidak akan ada hobi yang sia-sia apabila dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh. sebagai contoh hobi saya yang satu ini yakni Ngeblog mungkin saat ini saya belum berhasil menghasilkan uang dari hobi ini namun kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Saya hanya menjalini aktifitas ngeblog sebagai salah satu hobi saya sejak awal tujuan saya ngeblog adalah untuk mengumpulkan catatan-catatan menarik dari bacaan-bacaan yang saya baca di internet. kemudian catatan tersebut selalu bisa saya baca lagi dan lagi. catatan-catatan tersebut juga bisa saya bagikan kepada orang lain yang mungkin juga membutuhkan. Kemudian juga blog bisa saya jadikan tempat untuk menyimpan materi-materi kuliah kuliah saya beserta tugas-tugas saya yang berbentuk digital. kemudian blog juga sebagai tempat saya menyimpan kenangan-kenangan saya agar tidak hilang dan bisa saya lihat dikemudian hari. Intinya bagi saya ngeblog bukanlah hal yang sia-sia, dan tidak ada untungnya karena dengan menuliskan semua hal tersebut ke dalam blog suatu saat mungkin saya akan tertawa atau bahkan terharu ketika mengingat momen-momen yang ysaya tuangkan ke dalam blog saya.
    Kedepannya saya berniat untuk punya domain sendiri beserta hostingya sehingga blog saya menjadi lebih profesional kebetulan saya dapat tawaran yang menarik dari Mas Andrie terkait affiliate beliau yakni domain dan hosting personal plus bonus gratis instalasi website beserta theme berbayar sayangnya itu wordpress. bisa jadi kemungkinan saya sudah ditaktirkan buat mengelola 2 website dari 2 platform yang berbeda. Semoga kelak saya punya rejeki buat mewujudkan hal tersebut karena untuk saat ini saya belum mampu bayar hosting (domainnya gratis). Oh iya nih saudara kembar saya juga seorang blogger loh tapi dia beda platform dengan saya jangan lupa mampir juga ya ke blognya dia namanya Deki Firmansyah dan  blognya INFOKER's yang kelak bisa jadi INFOKER's.com. 
Terima kasih sudah mampir..




baca juga tulisan saya yang lainnya:

0 Response to "3 TAHUN NGEBLOG TANPA DAPAT APA-APA"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar, semoga artikel yang kami posting dapat bermanfaat bagi anda :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Support!!!

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua

Dukung Blog CeritaK ini agar selalu update dengan cara meninggalkan komentar dan membagikan artikel-artikel yang kalian baca.

Anda juga bisa memberikan donasi melalui pulsa ke 08982368506. Dana hasil dari donasi akan digunakan untuk mengembangkan konten blog CeritaK.

Kunjungi juga Blog Deka yang lainnya berikut ini:
JelajahSumatera.com
StoryAboutGadget.com

Buat interaksi dan mengenal Deka secara lebih personal silakan follow juga akun sosmed Deka di:
Facebook:
Https://facebook.com/deka.firhansyah
Fanpage:
CeritaK
Instagram:
@dekafirhansyah94
Channel YouTube:
CeritaK - Deka "K"Firhansyah
Email:
firhansyahdeka@gmail.com

Terimakasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.