Unsur Kebudayaan

Unsur-unsur Kebudayaan

Menurut Kluckhon, terdapat tujuh unsur :
a.    Bahasa
Bahasa berguna untuk interaksi sosial. Bahasa dapat dibedakan atas :
1)    Bahasa isyarat
2)    Bahasa lisan
3)    Bahasa tulisan
 b.    Sistem Pengetahuan
Sistem pengetahuan merupakan satu unsur kebudayaan universal yang dapat ditemukan dalam semua kebudayaan dari semua bangsa di dunia.
c.    Organisasi Sosial
Dalam tiap masyarakat, kehidupan masyarakat diorganisasi atau diatur oleh adapt istiadat dan aturan aturan mengenai berbagai kesatuandi dalam lingkungan mana ia hidup dan bergaul. Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat sebagai suatu kesatuan. Keluarga ini hasil dari perkawinan antar individu.
Ada 2 macam aturan perkawinan, yaitu:
Endogami ialah kebiasaan masyarakat yang mengharuskan anggotanya kawin dengan orang yang masih kerabatnya atau kelompoknya atau kampungnya sendiri.
Eksogami ialah kebiasaan masyarakat yang mengharuskan anggotanya kawin dengan orang yang berasal dari luar kerabatnya atau luar kampungnya atau luar kelompoknya.
d.    Sistem Peralatan Hidup dan Teknologi
Sistem peralatan hidup ialah segala alat-alat yang digunakan manusia dalam kegiatan sehari-hari dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya. Teknologi menurut Iskandar Alisyahbana (1980:1) : “Teknologi ialah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera dan otak manusia”.
e.    Sistem Mata Pencaharian Hidup
Berdasarkan tingkat teknologi yang dipergunakan, sistem ekonomi dapat dibagi atas :
1)    Masyarakat pemburu dan peramu Food Gathering Economecs)
2)    Pertanian berpindah-pindah atau berladang (primitive farming)
3)    Pertanian intensif (intensive farming)
4)    Industri (manufacturing)
Pendistribusian hasil produksi dibagi menjadi :
1)    Barter atau tukar menukar barang terdapat pada masyarakat pemburu dan peramu.
2)    Redistribusi : barang-barang produksi dikumpulkan oleh seseorang atau sekelompok orang berwenang, kemudian dibagikan lagi. Terdapat pada masyarakat primitive dan masyarakat modern.
3)    Sistem pasar, yaitu proses menjual dan membeli barang di suatu tempat dengan mempergunakan alat tukar uang. Sistem ini diduga mulai timbul pada masyarakat bertani menetap.
f.     Sistem Religi
Pada hakikatnya sistem ini sangat kompleks dan berkembang di berbagai tempat di dunia. Unsur pokok religi pada umumnya ialah :
 
1)     Emosi keagamaan, emosi merupakan penggerak keinginan manusia untuk melakukan sesuatu, terutama untuk hal yang dianggap sesuai dengan keyakinan dan kebenaran. 
2)     Sistem keyakinan, keyakinan manusia merupakan nilai-nilai dan konsep tentang sifat-sifat Tuhan, alam gaib, kekuatan-kekuatan yang melebihi manusia. 
3)     Sistem ritus dan upacara, sistem ini merupakan tata kelakuan atau sejumlah tahapan yang harus dilakukan untuk mengadakan hubungan dengan yang diyakini oleh manusia. bertujuan mencari hubungan dengan dunia gaib berdasarkan atas sistem kepercayaan tersebut 
4)     Umat agama, yang dimaksud adalah sekelompok orang yang meyakini dan melaksanakan ajaran-ajaran agamanya. 
5)     Peralatan ritus dan upacara, berupa alat-alat utama yang dipakai pada ritus dan upaara serta menjadi symbol dari konsep religi yang dilambangkannya.
Agama berasal dari bahasa sanksekerta yang artinya tidak kacau balau. Agama menjadi identitas bagi setiap individu; memberi doronganspiritual bagi individu untuk beerperilaku di masyarakat; menjadi arah atau petunjuk tentang makna hidup.
g.    Kesenian
Kesenian merupakan unsur kebudayaan universal yang sudah pasti akan didapatkan pada semua kebudayaan semua bangsa yang ada di dunia, baik bangsa yang hidupnya terpencil maupun bangsa yang sudah maju.

0 Response to "Unsur Kebudayaan"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan berkomentar, semoga artikel yang kami posting dapat bermanfaat bagi anda :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel